Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 30 Palembang Melalui Pembelajaran CORE
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9749Keywords:
Model Pembelajaran, CORE, Peningkatan Kemampuan Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 30 Palembang melalui Model Pembelajaran CORE. Jenis penelitian ini quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 30 Palembang dengan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pada penelitian ini Kelas VII 3 merupakan kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VII 4, yaitu kelas yang diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan N-Gain dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis yang belajar menggunakan model pembelajaran CORE. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis yang belajar menggunakan model pembelajaran CORE lebih tinggi dari siswa yang mendapat pembelajaran biasa.References
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta, Vol. 1.
Aica, S., Susilawati, & Erna, M. (2018). Pengaruh Model pembelajaran CORE terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan struktur atom di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kampar Timur. Jurnal Pendidikan Kimia Riau. [Online]. Tersedia pada http://e-Journal.unri.ac.id. Diakses pada: 28 Maret 2019. 27-35.
Beladina, N. Suyitno, A., & Kusni. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan LKS Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, Vol. 2, No. 3: 34-39.
Cahyani, A. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Discovery Learning (PTK pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun 2015/2016). Artikel Publikasi. [Online]. Tersedia pada : http://eprints.ums.ac.id/39254/1/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf . Diakses pada tanggal 18/03/19.
Calfee, R. C & Miller, R. G. (2004). Making Thinking Visible: A Method to Encourage Science Writing in Upper Elementary Grades. Science and Childreen. 42 (3). 20-25.
Dwijayanti, dkk. (2014). Komparansi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara Model PBI dan CORE Materi Lingkaran. Unnes Journal Of Mathematics Education. 3 (3). 190.
Fitriyah, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. (online), tersedia pada : http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi/article/download/1898/pdf. Vol.9 No.2.
Fuadiah, N. F. (2017). Potential Effect Desain Didaktis Terhadap Penguasaan Konsep Dasar Bilangan Bulat Negatif. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Tersedia pada http://jurnal.univpgri-palembang.ac.id. Diakses pada: 05 Oktober 2019.
Handayani, Ayu dkk. (2014). “Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan pendidikan matematika Realistik (PMR) bagi siswa kelas VII MTSN Lubuk Buaya Padang”. dalam Jurnal pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 Hal 1.
Herawaty, D., Widada, W., Umam, K., Nugroho, Z., Falaq, A., & Anggoro, D. (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 21–25.
Irawan, B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mathematics Science and Education, Vol. 1, No. 1: 38-54.
Lusiana, Hartono, Y. & Saleh, T. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (Mpg) Untuk Pelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No.2. Tersedia pada http://e-Journal.unsri.ac.id. Diakses pada: 05 Oktober 2019. 29-47.
Ma’Rifah, N., & Widada, W. (2019). Pembelajaran TAI dengan Open Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Curup. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7523
Satriani, G. A. N. D., Dantes, N., & Jampel, N.I. (2015). Pengaruh Penerapan Model CORE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Kovariabel Penalaran Sistematis Pada Siswa Kelas Iii Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidika, Volume 5 No. 1: 1-10.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 04 No. 01.60-64. Tersedia pada https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr. Diakses pada tanggal 30/09/19.
Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 163–172.
Widada, Wahyu. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .