Penerapan Model STAD dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9750Keywords:
Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model STADAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan Model STAD dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Puriala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Dengan subjek penelitian yaitu seluruh kelas VIIC SMP Negeri 1 Puriala. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus mengikuti tahapan : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat melalui Model STAD. Siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 61,29% atau sebanyak 19 orang siswa yang memperoleh nilai ? 68, aktivitas siswa mencapai 57,50%. Siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni mencapai 80,65% atau sebanyak 25 orang siswa memperoleh nilai ? 68, aktivitas siswa meningkat menjadi 81,25%.
References
Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib. 2006. Penelitian TindakanKelas. Bandung:YramaWidya.
Herawaty, D., Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080
Heriani, M., Hartanto, H., & Dharmayana, W. (2016). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMKN 3 Seluma melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Model Pembelajaran Biasa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2).
Kaharuddin, A. (2013). Effectiveness Comparative Of Scientific Approach ELPSA And Open-Ended Setting Cooperative STAD Types Of Mathematics Learning At VII Class SMP Negeri Of A Accreditation In Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 29-44.
Kaharuddin, A. (2018). Keefektifan Model Make A Match dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Marioriwawo. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 13-23.
Kaharuddin, A., & Magfirah, I. (2018). PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL TPS STAD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN SOPPENG. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(2), 223-230.
Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka
Widada, W., Herawaty, D., Mundana, P., Agustina, Putri, F. R., & Anggoro, A. F. D. (2019). The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012081), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012081
Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .