Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan)

Authors

  • Rahmat Jumri Uni versitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Murdiana Murdiana SMP Negeri 09 Lebong, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9756

Keywords:

Etnomatematika, Eksplorasi

Abstract

Mengenalkan kebudayaan pada generasi muda adalah sebagai dasar dalam melestarikan kebudayaan lokal. Misalnya dalam kebudayaan masyarakat Manna Bengkulu Selatan (Kota Sekundang Setungguan) banyak menyimpan kebudayaan yang hampir punah sebagai budaya lokal. Kebudayaan ini dapat dikenalan dengan mengaitkan pada pembelajaran, misalnya pada pembelajaran matematika (etnomatematika). Contoh kebudayaaan yang dapat digunakan dalam pembelajaran tersebut diantaranya, tari andun, bentuk rumah adat, makanan khas (pendap), alat kesenian dan masih banyak lagi kebudayaan lainnya yang dapat dikaitkan dalam pembelajaran matematika sehingga pembelajaran dapat lebih efektif dan berkesan bagi peserta didik.

 

 

References

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

D’Ambrosio, U. (1993). Etnomatemática: Um programa [Ethnomathematics: A program]. A Educação Matemática em Revista, 1(1), 5-11.

D’Ambrosio, U. (2006). Ethnomathematics: Link between traditions and modernity. ZDM, 40(6), 1033-1034.

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089

Mukhtar & Yamin, M. (2002). Kiat sukses mengajar di kelas. Jakarta: Nimas Multima.

Orey, D. C. (2000). The ethnomathematics of the Sioux tipi and cone. In H. Selin (Ed.), Mathematics across culture: the History of non-Western mathematics (pp.239-252). Dordrecht, Netherlands: Kulwer Academic Publishers.

Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54

Theresia Laurent. 2016. Analisis Etnomatematika dan Penerapannya Dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lemma Universitas Patimura Vol.III No. 1 Juni 2016. hlm.86

Umam, K., Nugroho, Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056

Widada, W, Herawaty, D., Jumri, R., Zulfadli, Z., & Damara, B. E. P. (2019). The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012085), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012085

Widada, Wahyu, Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Published

2019-12-02

How to Cite

Jumri, R., & Murdiana, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86–92. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9756