Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9757Keywords:
Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretest dan posttest. Dan dengan menggunakan uji Ancova. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Keberbakatan Olahraga Provinsi Bengkulu, dengan sampel sebanyan 21 orang dari 110 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh linier kovariat kemampuan awal pemecahan masalah terhadap kemampuan akhir pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Dengan nilai statistik F = 6,667 dan angka signifikansi 0,014.
References
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Herawaty, D., Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2019). Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics Improving student ’ s understanding of mathematics through ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012080), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012080
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Iswanto. 2016. “Penerapan Problem Based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Toboali”. Tesis. Pasca Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.
Neter, dkk. 1990. Applied Linier Statistical Models Regression Analysis of Variance and Experiental Designs. USA: IRWIN.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica.
Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012082), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082
Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028
Widada, W., Herawaty, D., Mundana, P., Agustina, Putri, F. R., & Anggoro, A. F. D. (2019). The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012081), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012081
Widada, W., Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .