Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Meningkatkan Kognisi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9758Keywords:
Pembelajaran Matematika Realistik, Etnomatematika, Kognisi MatematisAbstract
realistik berbasis etnomatematika Bengkulu untuk meningkatkan kognisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognisi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, RPP, LKS, dan lembar tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 5 Bengkulu yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Bengkulu dapat meningkatkan kognisi matematis siswa. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata kognisi matematis siswa pada setiap siklus. Hasil penilaian tes kognisi matematis diperoleh nilai rata-rata siswa pada Siklus I adalah sebesar 62,54 dan nilai rata-rata kognisi matematis siswa meningkat pada Siklus II menjadi 83,50.
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics.For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
D’Ambrosio, U. (1990). Etnomatemática [Ethnomathematics]. São Paulo, SP, Brazil: Editora Ática.
Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Sugiyono. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica.
Treffers,A.(1987). Three dimensions a model of goal and theory description in mathematics instruction – the wiskobas project. Dordrecht: Reidel Publishing Company.
Widada, W. (2005). Dekomposisi Genetik: Teori APOS pada Pembelajaran Kalkulus. Inspirasi: Jurnal Ilmiah Multiscience. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. vol. 20, No. 1. ISSN 0854-4808: 1-65.
Widada, W. (2015). Kemampuan Abstraksi Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memahami Konsep-Konsep Analisis Real Berdasarkan Stuktur Kognitif, yang diseminarkan DI Semirata 2016, Universitas Sriwijaya.
Widada, W & Herawaty, D (2017). Realistic Mathematics Learning based on Bengkulu Ethnomatematics to Increase Cognitive Level. Bengkulu International Conference on Science and Education, 14-15 Desember 2017.
Widada, W & Herawaty, D (2018). Realistic Mathematics Learning based on the Ethnomatematics in Bengkulu to Improve students’ cognitive level. Jurnal of Physics. June 2018.
Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.
Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028
Widada, W., Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .