Pengembangan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 19 Nan Sabaris
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9762Keywords:
Handout, snowball throwingAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berorientasi strategi pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar di dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang dipilih yaitu model Smith and Ragan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada tahap validitas memperoleh rata-rata 91,96% dengan kriteria sangat valid, pada tahap praktikalitas mendapatkan hasil 89.28% dengan kriteria praktis, dan pada tahap efektivitas menggunakan analisis statistik yaitu persamaan Paired Sample Test dengan hasil sig (2.tailed) 0,000< nilai ? 0,05, artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan handout berorientasi strategi pembelajaran snowball throwing.
References
Ahmadi, M.H. (2000).the impact of cooperative learning in teaching mathematics. Primus,10(3), 225-240. http://doi.org/10.1080/10511970008965961
Andi Prastowo.(2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva. Press: Yogyakarta
Asrori, Mohib. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Anak, (online);http://gurutrenggalek.blogspot.com/2010/09/penggunaan-model-belajar-snowball.html.(diakses 29 Juli 2012)
Clark, H.C,& Nelson,M.N.(1993). Improving mathematics evaluation through cooperative learning strategies. Middle school journal,24(3), 15-18. http://doi.org/10/1080/00940771.1993.11495889
Depdiknas. 2008. Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Dewimarni, syelfia,Lili Rismaini & Zakirman. (2018). The practicality of independence worksheet in preparing mathematics national examination integrate contructivism approach completed modified crossword game for 6th grade student in elementary school. Advances in social science, education and humanities research (ASSEHR), 258, 4(1), 150-153
Hardiyanti. 2012. Model Pembelajaran Snowball Throwing. (online); http://dataserverku.blogspot.com/2012/02/model-pembelajaran-snowball-throwing.html(diakses 5 Maret 2012)
Haryani, Soegiyanto, H.,& Astuti, M.G.D.(2013). Penerapan model pembelajaran snowball throwing unuk meningkatkan hasil belajar struktur bumi. Jurnal didaktika dwijaya indria, 1(6), 1-5
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Smith, R.L & Ragan, T,J. (1993). Instructional design (3 rd ed). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons. Inc.
Supu, S.F. (2018). Effectiviness of the implementation of cooperative learning model of Tps-snowball throwing type in mathematics learning of class VII student at SMPN 5 MAROS. Jurnal daya matematis, 6(2), 214. http://doi.org/10.26858/jds.v6i2.6062
Widada, W., Herawaty, D., Jumri, R., Zulfadli, Z., & Damara, B. E. P. (2019). The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation The influence of the inquiry learning model and the Bengkulu ethnomathematics toward the ability of mathematical representation. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012085), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012085
Widada, W., Herawaty, D., Mundana, P., Agustina, Putri, F. R., & Anggoro, A. F. D. (2019). The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012081), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012081
Wijayanti, dkk.2014. Meningkatkat minat dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajara grup investigation. Jurnal pendidikan matematika UNION 2 (1): 55-60
Zakirman, Lutfi & Khairani.(2019). Factor influencing the use of lecture methods in learning activities: teacher perspective. Advances in sicial science, education and humanities research, 178, 4-6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .