Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9819Keywords:
Kemampuan Representasi Matematika, KesulitanAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan kemampuan representasi matematikanya. Subjek Penelitian adalah 6 orang siswa kelas VII SMP dari berbagai sekolah di Bengkulu. Materi yang digunakan untuk penelitian ini yaitu sistem persamaan linier satu variable. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi litelatur atau kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematika siswa subjek berbeda-beda. Beberapa siswa telah memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis. Kesulitan yang dialami siswa beragam pula, ada yang belum mampu mengembangkan ide soal sehingga salah dalam menafsirkan pertanyaan yang berakibat salah dalam menjawab, kekeliruan siswa dalam menerjemahkan informasi penting berbentuk verbal menjadi aljabar mengakibatkan informasi yang salah dan jawaban yang kurang tepat pula. Ada pula yang belum mampu mengintepretasikan informasi yang diberikan dalam bentuk representasi visual menjadi informasi aljabar. Kesulitan lainnya siswa masih bingung dalam menggunakan atau melibatkan ekspresi matematika dalam menyelesaikan soal yang diberikan.
References
Anastasiadou, S. D. (2008). The Role of Representations in Solving Statistical Problems and the Translation Ability of Fifth and Sixth Grade Students. International Journal of Learning. 14(10), 125-132.
Dahlan, J. A. (2011). Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Goldin, G. A. (2002). Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. Handbook of International Research in Mathematics Education, 197-218.
Goldin, G., & Shteingold, N. (2001). Systems of Representations and the Development of Mathematical Concepts. The Roles of Representation in School Mathematics, 2001, 1-23.
Ikhwan Permana, Rizky., Surya, Edi. (2017). Pengaruh Kemampuan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. ResearchGate.
Jaenudin. (2008). Pengaruh Pendekatan Konteksual terhadap Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Bandung: UPI.
Jones, A.D. (2000). The Fifth Process Standard: An Argument to Include Representation in Standar 2000. [on-line]. Available: http://www.math.umd.edu/~dac/650/jonespaper.html.
Jones, B.F., & Knuth, R.A. (1991). What Does Research About Mathematics? [on-line]. Available: http://www.ncrl.org/sdrs/areas/stw_esys/2math.html.
Legi, M. Y. (2008). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SD Kelas IV melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Konsep Pecahan dan Pecahan Senilai. Diakses di http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/899
Malasari, P, dkk. (2017). A Delevopment of Mathematical Connecting Ability of Students in Junior High Scholl through a Problem-Based Learning with Course Review Horay Method. Journal of Physics. Series 812 (2017) 012025
Minarni, A., dan Napitupulu, E.E. (2017). Developing Instruction Materials Based on Joyful PBL to Improve Students Mathematical Representation Ability. International Education Studies. Vol. 10 No. 9, ISSN. 1913-9020, pp 23-39
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: Association Drive, Reston.
Ozyildirim, F., Ipek, S., & Akkus, O. (2009). Seventh Grade Student's Translational Skills Among Mathematical Representations. International Journal of Learning. 16(3), 197- 206.
Pujiastuti, H. (2008). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Siswa SMP. Tesis SPS UPI Bandung.
Sabirin, Muhammad. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari. Vol. 01 No. 2 Januari – Juni 2014, h. 33-44.
Sulastri, Marwan, dan Duskri. M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Vol.10 No.1 (Mei) 2017, Hal.51-69, p-ISSN: 2085-5893, e-ISSN: 2541-0458.
Suryana, Andri. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Yogyakarta: Prosiding UNY MP41. (online). Tersedia di http://eprints.uny.ac.id.
Suryowati, E. (2015). Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Merepresentasikan Pecahan pada Garis Bilangan. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 38-52.
Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to Understanding of the Concept of Derivative Functions for Inter-Level Students During Ethnomathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(012056), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056
Widada, W, Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073
Widada, Wahyu, Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics during Etno- Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253(Aes 2018), 417–421.
Yumiati, dan Noviyanti, Mery. (2017). Analysis of Mathematic Representation Ability of Junior High School Students in the Implementation of Guided Inquiry Learning. Journal of Mathematics Education. Vol 6, No. 2, September 2017, p-ISSN 2089-6867, e-ISSN 2460-9285, p137-148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .