Isi Artikel Utama
Abstrak
Peralihan dari RPP ke Modul Ajar bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik baik bagi guru maupun siswa. Peralihan antara kurikulum-kurikulum sebenarnya cukup baik bagi pendidikan di Indonesia. Karena hal ini menandakan bahwa Indonesia terus melakukan reformasi pendidikan yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan praktik belajar mengajar yang lebih baik dan sesuai dengan cita-cita pendidikan bangsa. Namun, di balik beragam reformasi tersebut, perlunya memahami perspektif guru dalam menanggapi perubahan ini menjadi sangat penting untuk memastikan keberhasilan penerapan kebijakan. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif melalui survei. Subyek penelitian terdiri dari 23 sekolah di Sumatera Selatan dan Lampung dengan sampel sebanyak 35 orang guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup (kuisioner) dan wawanacara. Sebanyak 78% guru setuju dengan perubahan RPP pada K-13 menjadi Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka, namun dalam penyusunan Modul Ajar masih dirasa sulit bagi guru karena belum banyak pelatihan yang didapat, sulit beradaptasi dengan perbedaan komponen antara RPP dengan Modul Ajar, mencakup konten, Kompetensi yang dicapai peserta didik, tujuan pembelajaran, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Bella Anjelia, Riza Umami, Yetrie Octavury, Saleh Hidayat, Wulandari Saputri, Bagas Rasid Sidik

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms