Main Article Content
Abstract
Pelatihan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi melalui praktik pembelajaran di lingkup prodi pendidikan biologi USN Kolaka selama ini dinilai belum optimal. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan pendekatan problem solving dipadu model project-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan komunikasi mahasiswa dalam pembelajaran hybrid. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest design dan melibatkan 12 orang mahasiswa sebagai subjek penelitian. Melalui teknik observasi, data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Dari hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. 0,000. Sedangkan uji N-Gain menunjukkan nilai 0,68 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,67 untuk keterampilan komunikasi. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan pendekatan problem solving dipadu project-based learning dalam pembelajaran hybrid terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi mahasiswa dimana efektifitas perlakuan berada pada kategori “sedang”. Secara keseluruhan, penelitian ini menyarankan agar pendekatan problem solving yang dipadu dengan model project-based learning diadopsi secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan tinggi, terutama dalam mata kuliah yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Hasil penelitian ini juga memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pengajaran di era pembelajaran hybrid, di mana adaptasi dan inovasi dalam metode pengajaran menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran.
Article Details
Copyright (c) 2024 Alone Marera, Miswandi Tendrita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms