Main Article Content

Abstract

Pelatihan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi melalui praktik pembelajaran di lingkup prodi pendidikan biologi USN Kolaka selama ini dinilai belum optimal. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan pendekatan problem solving dipadu model project-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan komunikasi mahasiswa dalam pembelajaran hybrid. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest design dan melibatkan 12 orang mahasiswa sebagai subjek penelitian. Melalui teknik observasi, data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Dari hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. 0,000. Sedangkan uji N-Gain menunjukkan nilai 0,68 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,67 untuk keterampilan komunikasi. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan pendekatan problem solving dipadu project-based learning dalam pembelajaran hybrid terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi mahasiswa dimana efektifitas perlakuan berada pada kategori “sedang”. Secara keseluruhan, penelitian ini menyarankan agar pendekatan problem solving yang dipadu dengan model project-based learning diadopsi secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan tinggi, terutama dalam mata kuliah yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Hasil penelitian ini juga memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pengajaran di era pembelajaran hybrid, di mana adaptasi dan inovasi dalam metode pengajaran menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Marera, A., & Tendrita, M. (2024). Pendekatan Problem Solving dan Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Hybrid . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 273–286. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.273-286