Main Article Content

Abstract

Latar Belakang : Hasil ujian atau prestasi akademik yang cenderung rendah dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang kurang tepat. Dalam rangka membantu mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran maka institusi atau para pendidik dapat mengkombinasikan berbagai metode mengajar yang dapat merangsang mahasiswa terlibat aktif dalam  pembelajaran. Evaluasi lingkungan pembelajaran dengan menggunakan kuesioner DREEM penting untuk peningkatan sarana dan pra sarana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan persepsi lingkungan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa di FKIK UNIB.


Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Sampel penelitian adalah 177 orang mahasiswa angkatan 2017, 2018 dan 2019 yang aktif mengikuti kuliah di  FKIK  UNIB.  Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  teknik  total sampling menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) dan data sekunder prestasi belajar berupa IPK didapat dari pihak akademik FK UNIB.  Analisis Data menggunakan metode uji Pearson.


Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa 138 (78,4 % ) mahasiswa di FKIK UNIB memiliki persepsi yang cenderung positif dengan performa akademik yang sedang. Persentase skor untuk persepsi akademik 21,89 (68,4%) secara signifikan lebih tinggi dari pada persepsi lingkungan sosial 16,42 (58,6%). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi lingkungan belajar dengan prestasi belajar dengan nilai uji p= 0,270 (p>0,5).


Kesimpulan: Penelitian menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar adalah positif. Namun masih ada beberapa area yang bermasalah sehingga perlu perhatian dan pertimbangan.


Kata Kunci : DREEM, Persepsi, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Keywords

DREEM Persepsi Lingkungan Belajar Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Woromboni, S., Ambarsarie, R., & Lestari, N. (2022). HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU. Jurnal Kedokteran Raflesia, 8(1), 37–47. https://doi.org/10.33369/juke.v8i1.30113

References

  1. (1) Wyk, J., and Van, R.O., 2015. Learning style anatomy through dissection : perceptions of a diverse medical student cohort. 33(1). pp. 89–95.
  2. (2) Gilakjani, A.P., 2012. A Match or Mismatch Between Learning Styles of the Learners and Teaching Styles of the Teachers. I.J.Modern Education and Computer Science. 11, pp. 51‒60.
  3. (3) Frank, J., Mungroo, R., Ahmad, Y., Wang, M., Rossi, S., and Horsley, T., 2010. Toward a Definition of Competency-Based Education in Medicine: A Systematic Review of Publised Definitions. Medical teacher. 32. pp. 631‒637.
  4. (4) Dolmans D.H., De Grave, W., Wolfhagen, I.H., and Van der Vleuten, C.P., 2005. Problem-based learning: future challenges for educational practice and research. Med Educ. 39(7). pp. 732‒741.
  5. (5) Kharb, P., Samanta, P.P., Jindal, M., and Singh, V., 2013. The Learning Styles and the Preferred Teaching-Learning Strategies of First Year Medical Students. Journal of clinical and diagnostic research : JCDR, 7(6), pp. 1089–1092
  6. (6) Natasha, N., dan Shafira, A., 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Lingkungan Pembelajaran Di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Jmj, 5. pp. 137–150.
  7. (7) Retnosari, D., Pramono, A., dan Firmansyah, M., 2019. Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar dan Intelligence Quotient terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Islam Malang, pp. 1‒9.
  8. (8) Akbar, R.R., 2018. Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Pembelajaran dan Tingkat Stres di Universitas Baiturrahmah. JKB. pp.46‒54.
  9. (9) Ugusman, A., Othman N.A., Razak, Z.N., Soh, M.M., Faizul P.N., and Ibrahim, S.F., 2015. Assessment of Learning Environment among First Year Malaysian Medical Students. Journal of Taibah University Medical Sciences. 10(4). pp. 454-460
  10. (10) Tompodung, M.L., 2017. Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Pembelajaran di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-Biomedik. 5(2).
  11. (11) Rotthoff, T., Ostapczuk, M.S., Bruin, J.D., Ulrich, D., Schneider, M., and Timme, S.R., 2011. Assessing the Learning Environment of a Faculty: Psychometric Validation of the German Version of the Dundee Ready Education Environment Measure with Students and Teachers. Medical teacher. 33. pp. 624‒636.
  12. (12) Ghazvini, S., and Khajehpour, M., 2011. Gender Differences in Factors Affecting Academic Performance of High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 15. pp. 1040-1045.
  13. (13) McAleer, S., and Roff, S., 2002. A Practical Guide to Using the Dundee Ready Education Measure. AMEE Medical Education Guide No. 23 Curriculum, Environment, Climate, Quality and Change in Medical Education; a Unifying Perspective. Medical Teacher. 23(4). pp. 337‒344.
  14. (14) Jawaid, M., Raheel, S., Ahmed, F., and Aijaz, H., 2013. Students’ Perception of Educational Environment at Public Sector Medical University of Pakistan. Journal of research in medical sciences : the official journal of Isfahan University of Medical Sciences. 18. pp. 417‒421
  15. (15) Okoye, O., Ezisi, C.N., Ezepue, F.U., 2017. Evaluation of the Learning and Teaching Environment of the Faculty of Medical Sciences, College of Medicine, University of Nigeria, Enugu Campus. Niger J Clin Pract. 20(8). pp. 958‒963.
  16. (16) Bakhshialiabad, H., Bakhshi, H., and Hassanshahi, G., 2015. Students Persception of the Academic Learning Environment in Seven Medical Sciences Cours Based on DREEM. Dove Press Journal: Advances in Medical Education and Practice, 6(12). pp. 195‒203.
  17. (17) Al-Kabbaa, A.F., Ahmad, H.H., Saed, A.A., Abdalaa, A.M., and Mustafa, A., 2012. Perceptions of the learning environment by students in a new medical school in Saudi Arabia: Areas of concern, Journal of Taibah University Medical Sciences. Taibah University, 7(2). pp. 69‒75
  18. (18) Arundina, A., Tejoyuwono, T., Armyanti, I., Nugraha, R.P., 2015. Gambaran Evaluasi Penilaian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter terhadap Lingkungan Pembelajarannya. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 4(3). pp. 109‒114.
  19. (19) Al-Naggar, R.A., Abdulghani, M., Osman, M.T., Al-Kubaisy, W., Daher, A.M., Aripin K.N., et al., 2014. The Malaysia DREEM: Perceptions of Medical Students About the Learning Environment in a Medical School in Malaysia. Advances in Medical Education and Practice. 5. 177‒184.
  20. (20) Mahmood, R.A., Zeb, S., Yusuf, S., and Shahid, R., 2015. Medical Students' Perception of their Academic Learning Environment. Journal of Rawalpindi Medical College. 19(3). pp. 271‒274.
  21. (21) Veerapen, K., and Mcaleer, S., 2010. Students' Perception of the Learning Environment in a Distributed Medical Programme at University of Dundee. BMC Med. 15. pp. 1‒10.
  22. (22) Youseff, T.W., El-Wazir, Y.M., Ghaly, M.S., and El-Khadragy, R.A., 2013. Evaluation of the Learning Environment at the Faculty of Medicine, Suez Canal University: Students’ Perceptions. Intellectual Properties Rights: Open Access. 1(1).pp. 1‒7.
  23. (23) Duwit, B.S., 2019. Hubungan antara Jenis Kelamin dan Performa Akademik Mahasiswa terhadap Persepsi Lingkungan Pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Papua. Papua: Universitas Papua, pp. 27‒28.
  24. (24) Pimparyon, P., Caleer, S.M., Pemba, S., and Roff, S., 2000. Educational Environment, Student Approaches to Learning and Academic Achievement in a Thai Nursing School. Medical Teacher, 22(4). pp. 359‒364.
  25. (25) Crede, M., and Kuncel, N.R., 2008. Study Habits, Skills, and Attitudes: The Third Pillar Supporting Collegiate Academic Performance. Perspect Psychol Sci. 3(6). pp. 425‒453
  26. (26) Martha, K., 2009. Factors Affecting Academic Performance of Undergraduate Students at Uganda Christian University. Makarere University.
  27. (27) Sari, M.I., Lisiswanti, R., dan Oktafany., 2017. Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. JK Unila. 1(3). pp. 525‒529.
  28. (28) Mulyani, M.D., 2013. Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Self Regulated Learning pada mahasiswa. Educational psychology journal. (2)1.pp. 43-48.