Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model Cooperative Learning tipe Example Non Example berbantuan media ICT dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas III SDN 171. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas III SDN 171. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Example Non Example dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model Example Non Example mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari keterlaksanaan model Example Non Example dengan langkah yaitu orientasi, kerja kelompok, kuis, penghargaan dan evaluasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut terlihat pada nilai siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas sebesar 64,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,94% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 78,72 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%. Mata pelajaran PPKn siklus I nilai rata-rata kelas 67 dengan ketuntasan belajar klasikal 64,70% pada siklus II nilai rata-rata kelas 78,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,23%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Example Non Example berbantuan media ICT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di kelas III SDN 171.
Kata kunci : Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example, Prestasi Belajar
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 JURIDIKDAS

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.