Isi Artikel Utama

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model Cooperative Learning tipe Example Non Example berbantuan media ICT dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas III SDN 171. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas III SDN 171. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan  model Example Non Example dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model Example Non Example mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari keterlaksanaan model Example Non Example dengan langkah yaitu orientasi, kerja kelompok, kuis, penghargaan dan evaluasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut terlihat pada nilai siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas sebesar 64,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,94% pada siklus II  nilai rata-rata kelas sebesar 78,72 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%. Mata pelajaran PPKn siklus I nilai rata-rata kelas 67 dengan ketuntasan belajar klasikal 64,70% pada siklus II nilai rata-rata kelas 78,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,23%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Example Non Example berbantuan media ICT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di kelas III SDN 171.

 

Kata kunci : Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example, Prestasi Belajar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Luthfi Pratiwi, N., Yuliantini, N., & Lusa, H. (2023). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 171 REJANG LEBONG. JURIDIKDAS, 5(3), 348–357. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i3.15758