Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal pada ujian akhir PKn kelas II di sekolah negeri Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas akhir semester 2 di sekolah kelas tema 4 dengan tidak lebih dari isi pelajaran home-room. Populasi yang akan diteliti 92 eksemplar. Instrumen dalam penelitian ini adalah artikel tentang ujian akhir semester ganjil kelas 2. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mencari validitas, kemampuan religi, tingkat kesukaran, variabilitas, dan integrasi tingkat kognitif. Semua data Angka dimasukkan ke dalam aplikasi v4 anates dan kemudian hasilnya dianalisa. Hasil penelitian (1) pada validitas 19 soal (67,86%) dinyatakan valid dan sebanyak 9 soal (32,14%) dinyatakan tidak valid. (2) kemampuan keagamaan yang diperoleh pada analisis ini sebesar 0,67 dari anggaran dasar indeks agama 0-1. (3) tingkat kesulitan meliputi 4 soal (14,29%) kategori sulit, (3) tingkat kesulitan memuat 4 soal (14,29%) kategori sulit, 18 soal (64,28%) soal kecil, 4 soal (14,29%) soal mudah, 2 soal (7,14%) soal mudah, dan tidak ada soal dalam kategori berat. (4) standar dapat 7 masalah (25%) buruk (buruk), 6 masalah (21,43%) cukup berani (memuaskan), 12 masalah (42,86%) baik (baik), 2 masalah (7,14%) sangat baik (sangat baik), dan 1 masalah (3,57%) buruk (negatif). (5) distribusi tingkat kognitif terintegrasi dengan agen afektif, ada 9 masalah (32,14%) dengan tingkat kognitif c1, dan 19 masalah (67,86%) dengan tingkat kognitif c2. Terkait dengan masalah afektif (sikap) sebanyak 9 masalah (32,14%) pada a1 dan 6 masalah (21,43%) pada 2. Berdasarkan penelitian dikatakan cukup baik.

 

Article Details

How to Cite
Musdhalifah, A., Djuwita, P., & Agusdianita, N. (2022). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Bermuatan Pelajaran PPKn Kelas II SD Negeri 4 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.33369/juridikdas.5.1.%p

References

  1. Arif dan Margi. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics. Vol. 14 No. 2. Halaman 196-204.
  2. Arifin. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
  3. Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
  4. Dwi. 2016. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri Dabin 1 Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/24343/.
  5. Fitriani. 2017. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMAN 1 Pitumpanua Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. Skripsi. UIN Alauddin Makassar. Makassar. Diakses dari https://repositori.uin-alaudin.ac.id/18037.
  6. Khadir. 2015. Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 8. No. 2. Halaman 70-81
  7. Lestari. 2016. Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran PKn SD Negeri Gugus Binasiswa Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Diakses dari https://lib.unnes.ac.id/28659/.
  8. Muchti dan Mayrita. 2017. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 7 Palembang. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. Vol. 10 No. 2. Halaman 73-82.
  9. Prastow. 2018. Perubahan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SD/MI di Indonesia: dari KTSP Menuju Kurikulum 2013. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. Vol. 8 No. 1. Halaman 36-52
  10. Rasyid dan Mansur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung:CV. Wacana.
  11. Sudijono. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
  12. Sudjana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
  13. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
  14. Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
  15. Suryanto, dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran di SD. Tanggerang:Universitas Terbuka.
  16. Widoyoko. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.