Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning menggunakan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian  yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitiannya adalah the matching only pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sekolah dasar negeri yang berada di Kecamatan Teluk Segara. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian, uji-t pada mata pelajaran Bahasa Indonesia didapatkan  2,14 dan pada mata pelajaran IPA 3,11 >  1,68. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan blended learning pada pembelajaran tematik menggunakan aplikasi  whatsapp terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Sintani, P. R., Noperman, F., & Dalifa, D. (2021). Pengaruh Blended Learning pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Whatsapp terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 453–460. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.3.%p