Main Article Content

Abstract

This study aimed to foster the value of honesty of grade VA students at Elementary School 81 Bengkulu City by using the Quizizz game media. This research is a Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were teacher and 18 students consist of 11 male students and 7 female students. The research procedure is in the form of a cycle. Each cycle consists of four stages including: planning, implementing, observing and reflecting. The research instrument was in the form of a Quizizz game media observation sheet and a student honesty value questionnaire. The data analysis techniques were used: the observation sheet using the formula of the average score, the highest score, the lowest score, the difference in scores and the range of values for each criterion and quantitative descriptive analysis. Based on the result of the study it was concluded that (1) the existence of educational game-based media Quizizz provides an alternative to online learning in schools; (2) the use of Quizizz educational game-based media can foster the honesty value of fifth grade students of Elementary School 81 Bengkulu City in online learning.

Keywords

Quizizz Honesty Value Online Learning

Article Details

How to Cite
Faini, N. K., Alexon, A., & Tarmizi, P. (2021). Penggunaan Media Berbasis Game Edukasi Quizizz Untuk Menumbuhkan Nilai Kejujuran Siswa Pada Pembelajaran Daring. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 217–224. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.2.217-224

References

  1. Arifin, Z., (2015), Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Fitri, A, Z., (2014), Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah.
  3. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Hendarwati, E. et al., (2019), Implementasi Nilai Kejujuran Pada Anak Usia Dini
  5. Melalui Media Ular Tangga. Jurnal Motoric, vol. 3, no 1, hal: 26-39.
  6. Gusty, S. et al., (2020), Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19.
  7. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  8. Hamid, M. A. et al., (2020), Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  9. Hutami, D., (2020), Pendidikan Karakter Kebangsaan untuk Anak : Jujur dan
  10. Bertanggung Jawab. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara.
  11. Isti’adah, F. N., (2020), Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu
  12. Publisher.
  13. Iswarso, N., (2019), Melatih Kejujuran di Lingkungan SD. Jawa Tengah: Desa
  14. Pustaka Indonesia
  15. Kadir & Asrohah., (2014), Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali: Rajawali Pers.
  16. Lefudin., (2017), Belajar dan Pembelajaran dilengkapi Dengan Model Pembelajaran,
  17. Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran.
  18. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  19. Megawangi, R., (2016), Pendidikan Karakter. Depok: Indonesia Heritage Foundation.
  20. Narwanti., (2014), Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
  21. Paksi, H. P., & Lita A., (2020), Sekolah dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media
  22. Pustaka.
  23. Pamungkas, S., (2020), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas
  24. IV Melalui Media Belajar Game Edukasi Quizizz. Jurnal Ilmiah Majalah
  25. Lontar, vol. 32, no 2, hal: 57-68.
  26. Pohan, A. F., (2020), Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.
  27. Purwodadi: CV. Sarnu Untung
  28. Prastowo, A., (2019), Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
  29. Pusparani, H., (2020), Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas
  30. VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar, vol 2 no 2, hal:
  31. -279.
  32. Putri, D. M., (2020), Penggunaan Media Buku Pop Up Berbasis Budaya Untuk
  33. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring,
  34. Skripsi,FKIP Unib, tidak dipublikasikan.
  35. Rosela, E, (2016), Penggunaan Media Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan
  36. Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Mlati Sleman
  37. Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia, Laporan Penelitian, FKIP
  38. USD, dipublikasikan.
  39. Rosya, M., & Anisa H., (2020), Aplikasi Daring Quizizz Sebagai Solusi Pembelajaran
  40. Menyenangkan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol 13 no 2,
  41. hal: 315-326.
  42. Sari, E. M., (2020), Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran
  43. Daring Tema Globalisasi Melalui Media Quizizz Kelas VI Kutowinangun 11
  44. Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Dimensi Pendidikan, vol 16
  45. no 2, hal: 73-84.
  46. Slamet, Yahya., (2020), Pendidikan Karakter Berbasis Ideologi. Yogyakarta: CV.
  47. Hikam Media Utama.
  48. Sudijono, A., (2018), Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press.
  49. Sudjana, N., (2011), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi ke-16). Bandung:
  50. PT Remaja Rosdakarya.
  51. Sugiyono., (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  52. Sumiharsono, R., & Hisbiyatul H., (2018), Media Pembelajara. Jember: CV Pustaka
  53. Abadi.
  54. Susanti, A. B., (2020), Upaya Peningkatan Hasil Belajar Daring Pada Tema
  55. Globalisasi Melalui Media Belajar Berbasis Game Edukasi Quizizz Siswa
  56. Kelas VI SD Negeri Kesongo 01 Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan dan
  57. Profesi Pendidikan, vol. 6, no 1, hal: 73-82.
  58. Susilana, R., & Cepi R., (2016), Media Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.
  59. Suyono., & Hariyanto., (2015), Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar.
  60. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  61. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan
  62. Nasional, (2013), Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor
  63. ,Jakarta.
  64. Utomo, H., (2020), Penerapan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
  65. Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal
  66. Kualita Pendidikan, vol. 1, no 3, hal : 37-43.
  67. Wardhani, I. & Kuswaya Wihardit., (2019), Penelitian Tindakan Kelas (Edisi ke-28).
  68. Banten: Universitas Terbuka.
  69. Winarni, E. W., (2018), Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK,
  70. R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
  71. Yuliani, M. et al., (2020), Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori dan
  72. Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis