Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian melalui pembelajaran tematik bermuatan PPKn siswa kelas Va SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru kelas VA dan kepala sekolah. Instrumen penelitian adalah menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui Data Colection (Pengumpulan Data), Data Reducation (Redukasi Data), Data Display (Penyajian Data), Consclusion Drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah: a) peran guru sebagai pembimbing dalam perencanaan tujuan pembelajaran dibuat oleh guru sesuai dengan analisis kurikulum, KI dan KD yang sudah dianalisis untuk membimbing siswa kelas Va dalam menanamkan karakter tanggung jawab dan kepedulian. Dan guru juga sudah membuat RPP, dalam melaksanakan pembelajaran guru dipandu oleh RPP yang dibuat serta guru menguasai materi saat proses belajar mengajar berlangsung. b) peran guru sebagai pembimbing dalam memaknai pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian yaitu yang dilakukan guru dalam pembelajaran melalui metode pembiasaan, dengan menanamkan pembiasaan perilaku-perilaku baik, mengerjakan tugas tepat waktu, piket kelas sesuai jadwal, mengerjakan tugas sendiri-sendiri, mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama dan membuang sampah pada tempatnya. c) dalam evaluasi pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian guru melakukan penilaian sikap setiap hari pada saat pembelajaran berlangsung atau setelah pembelajaran.
Kata Kunci: Penanaman Karakter,Tanggung Jawab, Kepedulian
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Tri Dianti, Puspa Djuwita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.