Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembiasaan, pelaksanaan pembiasaan dan dampak pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini Kepala Sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran sudah dilakukan melalui bentuk pembiasaan rutin. Dalam pelaksanaan pembiasaan meliputi perencanaan, sarana dan prasarana, tahap pelaksanaan dan proses pelaksanaan. Selain itu ditemukan juga dampak pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran yaitu adanya semangat bernyanyi dan semangat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya upaya dari kepala sekolah dan guru kelas agar siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran melalui metode pembiasaan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Dwika Astelia, Pebrian Tarmizi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.