Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pembiasaan, pelaksanaan pembiasaan dan dampak pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini Kepala Sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran sudah dilakukan melalui bentuk pembiasaan rutin. Dalam pelaksanaan pembiasaan meliputi perencanaan, sarana dan prasarana, tahap pelaksanaan dan proses pelaksanaan. Selain itu ditemukan juga dampak pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran yaitu adanya semangat bernyanyi dan semangat belajar siswa.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya upaya dari kepala sekolah dan guru kelas agar siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal pembelajaran melalui metode pembiasaan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Astelia, D., & Tarmizi, P. (2023). Studi Kasus Pembiasaan Menyanyi Studi Kasus Pembiasaan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Pada Awal Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu: Pembiasaan, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. JURIDIKDAS, 5(3), 267–274. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i3.24951