Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dan saran dari validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar 92% dan validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Disamping itu, tanggapan guru menunjukkan nilai sebesar 89% dan tanggapan siswa menunjukkan nilai sebesar 94,33%. Hasil validasi keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran e-modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Mufidah Mahdiyah Mahdiyah, Pebrian Tarmizi, Panut Setiono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.