Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran  e-modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dan saran dari validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar 92% dan validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Disamping itu, tanggapan guru menunjukkan nilai sebesar 89% dan tanggapan siswa menunjukkan nilai sebesar 94,33%. Hasil validasi keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran  e-modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mahdiyah, M., Tarmizi, P., & Setiono, P. (2023). Pengembangan Pengembangan E-Modul Peninggalan Sejarah Kolonialisme Belanda di Bengkulu pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V di Sekolah Dasar: Pengembangan E-Modul Peninggalan Sejarah Kolonialisme Belanda di Bengkulu pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS, 5(3), 367–382. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i3.25475