Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis lima karya montase siswa berbasis unsur seni rupa di kelas IV SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode analisis dokumen untuk memperoleh data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Hasil penelitian berupa lima karya montase mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah analisis dokumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melihat karya montase siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan lima karya montase mahasiswa, kemudian karya tersebut dianalisis berdasarkan unsur-unsur seni rupa yaitu titik, garis, bidang, warna, bentuk, tekstur, dan kegelapan. Hasil analisis yaitu hasil karya lima siswa yaitu hutan rimba, ayo bermain, lanskap, ayo berkebun, dan menjaga lingkungan dianalisis berdasarkan unsur seni rupa meliputi titik, garis, bidang, warna, bentuk, tekstur, gelap dan terang. Dari kelima karya tersebut, peneliti menganalisis masing-masing karya berdasarkan unsur-unsur seninya. Karya pertama yaitu karya rimba memiliki tujuh unsur seni rupa meliputi unsur titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, kegelapan dan cahaya. Karya kedua yaitu ayo bermain memiliki tujuh unsur seni yaitu titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, kegelapan dan cahaya. Karya ketiga adalah pemandangan yaitu titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, gelap dan terang. Unsur keempat mari berkebun adalah ada unsur seni yang muncul yaitu titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, gelap dan terang. Selanjutnya karya kelima yaitu menjaga lingkungan mengandung unsur seni rupa yang terdiri dari titik, garis, bidang, bentuk, tekstur, warna, gelap dan terang.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Akhmad Sobari Mukhtar Shihab -, Dwi Anggraini, Hasnawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.