Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase kentuntasan belajar klasikal. Data hasil observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran skor untuk tiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 35 (B) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor 42,5 (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 34,5 (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 42 (SB). Sedangkan untuk hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 63,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 64 % mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 80,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 88%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Discovery Learning, Alat Peraga Manipulatif, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Reva Sefti Repriani, Fer Noperman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.