Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase kentuntasan belajar klasikal. Data hasil observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran skor untuk tiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 35 (B) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor 42,5 (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 34,5 (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 42 (SB).  Sedangkan untuk hasil  belajar  siswa  aspek  pengetahuan  pada  siklus  I rata-rata  hasil belajar siswa 63,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 64 % mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata hasil belajar  siswa  80,56  dengan  ketuntasan  belajar  klasikal  88%.  Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Kata kunci : Discovery Learning, Alat Peraga Manipulatif, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Reva, R. S. R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULTIF (PTK PADA SISWA KELAS VI B SD N 09 KOTA BENGKULU): UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULTIF. JURIDIKDAS, 6(3), 377–388. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i3.26000