Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IVA di SDN 05 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 05 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknis analisis data lembar observasi menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil observasi aktivitas guru rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 92 kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 94,5 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap rata-rata skor siklus I sebesar 9,11 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 11,14 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 68,52 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,76% meningkat pada siklus II menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar  klasikal 82,35%. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada siklus I rata-rata 73,08 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,52% meningkat pada siklus II menjadi 78,23 dengan ketuntasan belajar 85,29%. Hasil belajar aspek keterampilan rata-rata skor siklus I sebesar 6,02 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 7,46 kategori sangat baik. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IVA SDN 05 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Nurfadilah, A., Resnani, & Muktadir, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV A SDN 05 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(3), 329–337. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i3.26113