Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IVA di SDN 05 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 05 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknis analisis data lembar observasi menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil observasi aktivitas guru rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 92 kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 94,5 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap rata-rata skor siklus I sebesar 9,11 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 11,14 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 68,52 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,76% meningkat pada siklus II menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada siklus I rata-rata 73,08 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,52% meningkat pada siklus II menjadi 78,23 dengan ketuntasan belajar 85,29%. Hasil belajar aspek keterampilan rata-rata skor siklus I sebesar 6,02 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 7,46 kategori sangat baik. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IVA SDN 05 Kota Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2023 Afifah Nurfadilah, Resnani, Abdul Muktadir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.