Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fotografi pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posstest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di Kota Bengkulu yang terakreditasi B dan diperolehlah SDN 77 Kota Bengkulu dan SDN 50 Kota Bengkulu sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas V B dari SDN 77 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB dari SDN 50 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilaksanakan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung (4,93) dan nilai ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5%, secara statistik terlihat thitung (4,93) > ttabel (1,67), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media fotografi pada pembelajaran IPA terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Media fotografi, Pembelajaran IPA, Hasil belajar siswa.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Achmad Dzaky, Feri Noperman, Victoria Karjiyati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.