Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fotografi pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posstest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di Kota Bengkulu yang terakreditasi B dan diperolehlah SDN 77 Kota Bengkulu dan SDN 50 Kota Bengkulu sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas V B dari SDN 77 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB dari SDN 50 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilaksanakan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung (4,93) dan nilai ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5%, secara statistik terlihat thitung (4,93) > ttabel (1,67), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media fotografi pada pembelajaran IPA terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kota Bengkulu.



Kata Kunci: Media fotografi, Pembelajaran IPA, Hasil belajar siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dzaqy, A., Noperman, F., & Karjiyati, V. (2023). PENGARUH MEDIA FOTOGRAFI PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. JURIDIKDAS, 5(3), 358–366. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i3.26372