Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA di kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan media kartu kuartet. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai thitung (2,225) > ttabel (1,998). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA di kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Tiara Sonya Marshella, Endang Widi Winarni, Irfan Supriatna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.