Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA di kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan media kartu kuartet. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai thitung (2,225) > ttabel (1,998). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPA di kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu.


Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Marshella, T. S., Winarni, E. W., & Supriatna, I. (2024). Pengaruh STAD Berbantu Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu . JURIDIKDAS, 7(1), 101–108. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i1.27831