Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 07 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini diperoleh dari hasil rata-rata skor aktivitas guru 31,5 meningkat menjadi 43,5 sedangkan hasil skor aktivitas siswa diperoleh rata-rata 31,5 meningkat menjadi 43,5. Hasil tes evaluasi isi bahasa Indonesia memperoleh skor rata-rata 71,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,28%, meningkat menjadi 81 dan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Konten IPA memperoleh skor rata-rata 72,85 dengan ketuntasan klasikal 64,28%, meningkat menjadi 80 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 07 Kota Bengkulu.
Rincian Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Uswatun Hasanah, Nani Yuliantini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Cara Mengutip
Hasanah, U. (2024). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. JURIDIKDAS, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i1.28620