Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan model TGT berbantuan alat peraga. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Selatan yang berjumlah 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data hasil observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian: keterlaksanaan model pada siklus I 62,5 dengan kategori B (baik), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada angka 77 dengan kategori sangat baik (SB). Hasil belajar siswa khususnya pada aspek kognitif. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77 dengan kriteria cukup (C) dan ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria cukup (C), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria baik (B) dan ketuntasan belajar klasikal 92% dengan kriteria baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Santika, R., & Noperman, F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. JURIDIKDAS, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i1.29261