Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan model TGT berbantuan alat peraga. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Selatan yang berjumlah 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data hasil observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian: keterlaksanaan model pada siklus I 62,5 dengan kategori B (baik), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada angka 77 dengan kategori sangat baik (SB). Hasil belajar siswa khususnya pada aspek kognitif. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77 dengan kriteria cukup (C) dan ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria cukup (C), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria baik (B) dan ketuntasan belajar klasikal 92% dengan kriteria baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Rani Santika, Feri Noperman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.