Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain The Matching Only Pretest-Posttets Control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu yang terdiri dari SDN 81, 99, 20 dan 60 yang berada di Kota Bengkulu. Kelas kontrol adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu dan kelas eksperimen adalah kelas V SDN 81 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi soal pilihan ganda melalui pretest yang diberikan sebelum kegiatan pembelajaran dan posttest yang diberikan setelah kegiatan pembelajaran. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis deskriptif, tes refleksi, dan analisis inferensial. Uji t pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung 0,457 < ttabel 1,672, maka kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama, dan hasil data uji t posttest nilai thitung 3,085 > nilai ttabel 1.672. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu.
Rincian Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fakhrurrozi Ikhsan, Neza Agusdianita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Cara Mengutip
Ikhsan, F., & Agusdianita, N. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS, 7(2), 193–200. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i2.29897