Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain The Matching Only Pretest-Posttets Control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu yang terdiri dari SDN 81, 99, 20 dan 60 yang berada di Kota Bengkulu. Kelas kontrol adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu dan kelas eksperimen adalah kelas V SDN 81 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi soal pilihan ganda melalui pretest yang diberikan sebelum kegiatan pembelajaran dan posttest yang diberikan setelah kegiatan pembelajaran. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis deskriptif, tes refleksi, dan analisis inferensial. Uji t pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung 0,457 < ttabel 1,672, maka kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama, dan hasil data uji t posttest nilai thitung 3,085 > nilai ttabel 1.672. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ikhsan, F., & Agusdianita, N. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS, 7(2), 193–200. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i2.29897