Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas 5 A dan siswa kelas 5 A. Instrumen utama pada penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, sedangkan instrumen pendukungnya yaitu lembar obserasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan mengggunakan triangulasi, member check dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yaitu (1) Literasi menggunakan buku cerita dan teks bacaan yang beragam (2) Strategi saat membaca dengan membaca dalam hati dan membaca bersama dengan salah seorang peserta didik membaca dan peserta didik yang lainnya menyimak, (3) Guru dan peserta didik saat membaca, (4) Tindak lanjut setelah membaca yaitu berupa kegiatan tanya jawab antara guru dan peserta didik mengenai bacaan, membuat ringkasan, serta mempresentasikan hasil ringkasan dan (5) Saran dan masukkan guru. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelaksanaan literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 kota Bengkulu telah dilaksanakan dengan baik, dimana guru dan peserta didik telah terbiasa melakukan kegiatan literasi pada kegiatan awal pembelajaran.
Kata Kunci : Literasi, Membuka pembelajaran
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Anis Fahmi Andini Anis, Atika Susanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.