Isi Artikel Utama

Abstrak

 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas 5 A dan siswa kelas 5 A. Instrumen utama pada penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, sedangkan instrumen pendukungnya yaitu lembar obserasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan mengggunakan triangulasi, member check dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yaitu (1) Literasi  menggunakan buku cerita dan teks bacaan yang beragam (2) Strategi saat membaca dengan membaca dalam hati dan membaca bersama dengan salah seorang peserta didik membaca dan peserta didik yang lainnya menyimak, (3) Guru dan peserta didik saat membaca, (4) Tindak lanjut setelah membaca yaitu berupa kegiatan tanya jawab antara guru dan peserta didik mengenai bacaan, membuat ringkasan, serta mempresentasikan hasil ringkasan dan (5) Saran dan masukkan guru. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelaksanaan literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 kota Bengkulu telah dilaksanakan dengan baik, dimana guru dan peserta didik telah terbiasa melakukan kegiatan literasi pada kegiatan awal pembelajaran.


Kata Kunci : Literasi, Membuka pembelajaran


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pelaksanaan Literasi pada Kegiatan Membuka Pembelajaran di kelas 5A SDN 71 Kota Bengkulu. (2024). JURIDIKDAS, 7(1), 109–116. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i1.32384