Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan kelas pada pembelajaran outdoor kelas VA di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang bersifat naturalistik. Subjek penelitian adalah guru kelas VA Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu, yaitu Ibu HS dan Bapak DS. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian telah melaksanakan pengelolaan kelas pada pembelajaran outdoor yaitu, melaksanakan kegiatan pembelajaran outdoor dengan mengorganisasi siswa, memberikan penjelasan kegiatan belajar, kegiatan belajar berkelompok, membatasi wilayah belajar, menggunakan media dan sumber pembelajaran outdoor, dan memperhatikan kenyamanan pada pembelajaran outdoor. Tetapi pada kegiatan pembelajaran outdoor, guru kelas VA tidak melaksanakan perkenalan kelas outdoor. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas VA di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu telah melaksanakan penglolaan kelas pada kegiatan pembelajaran outdoor, tetapi tidak melakukan perkenalan kelas outdoor, dan terdapat penemuan baru di luar indikator penelitian yaitu guru kelas VA memberikan batas wilayah belajar kepada siswa
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Sari, N., Lusa, H., & Yuliantini, N. (2018). Studi Deskriptif Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Outdoor Kelas VA Di Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1). https://doi.org/10.33369/juridikdas.1.1.%p