Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi penanaman sikap peduli lingkungan
terhadap sampah pada siswa kelas I di SDN 09 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Subjek
penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas I, siswa kelas I, dan tenaga
kependidikan (staf tata usaha dan penjaga sekolah). Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data (data
reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan
(Verification Data). Pengujian keabsahan data menggunakan
peningkatan ketekunan, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penanaman sikap
peduli lingkungan yang dilakukan di SDN 09 Kota Bengkulu, yaitu
melalui (1) pembiasaan (perencanaan: Rencana Aksi Penerapan Budaya
Peduli Lingkungan Sekolah dan jadwal piket; pelaksanaan: pembiasaan
keteladanan, pembiasaan spontan, dan pembiasaan rutin; evaluasi:
kebersihan lingkungan sekolah, sikap peduli lingkungan siswa kelas I
terhadap sampah, dan prestasi kebersihan lingkungan sekolah), dan (2)
pengondisian (perencanaan: penyediaan sarana dan prasarana,
pelatihan guru; pelaksanaan penggunaan dan pemeliharaan sarana dan
prasarana; evaluasi: faktor pendukung dan penghambat).
Kata Kunci: Penanaman Sikap Peduli Lingkungan, Sampah, Siswa
Kelas I, Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Syahriani, S., Dalifa, D., & Resnani, R. (2018). Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Terhadap Sampah Pada Siswa Kelas I di SDN 09 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.33369/juridikdas.1.2.%p

References

  1. Badan Pusat Statistik. 2014. Persentase Rumah tangga Menurut Provinsi dan Perlakuan Memilah
  2. Sampah Mudah Membusuk dan Tidak mudah membusuk, 2013.
  3. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1360. Diunduh pada tanggal 23 Oktober 2016.
  4. Fathurrohman, Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Fidesrinur, dkk. 2015. Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan
  6. Pendidikan Anak Usia Dini.
  7. Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan
  8. Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16, hal. 280-289.
  9. https://www.google.co.id/search?q=D%3A%5Cjurnaldikbud-2010
  10. Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat
  11. Kurikulum dan Perbukuan.
  12. http://repository.unand.ac.id/22742/1/4_PANDUAN_PELAKS_PENDIDIKAN_KARAKTER.pdf.
  13. Diunduh pada tanggal 1 Februari 2017.
  14. Nugraha, Adrian R. 2009. Menyelamatkan Lingkungan dengan Pengelolaan Sampah. Bekasi: PT. Cahaya
  15. Pustaka Raga.
  16. Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  17. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  18. Utomo, Yunanto Wiji. 2016. “Indonesia Penghasil Sampah Plastik Kedua Terbesar di Dunia? LIPI Akan
  19. Buktikan”. Kompas. com.
  20. http://sains.kompas.com/read/2016/08/02/15373691/indonesia.penghasil.sampah.plastik.kedua.terbesar.di.
  21. dunia.lipi.akan.buktikan. Diunduh pada 23 Oktober 2016.
  22. Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban.
  23. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  24. Widyaningrum, Ratna. 2016. “Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui
  25. Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan”. Jurnal Kependidikan, 1, hlm. 108-113.
  26. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/1334/1173. Diunduh pada tanggal 13
  27. Desember 2016.
  28. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.
  29. Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.