Main Article Content
Abstract
dalam memahami bahan ajar muatan lokal sejarah kerajaan Bengkulu
pada 3 aspek hasil belajar sejarah yaitu aspek kecakapan akademik
(kognitif), sikap kesadaran sejarah (afektif) dan sikap nasionalisme
(afektif). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik persentase. Subjek
Penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 31 siswa.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa soal
(multiple choice) dan observasi berupa lembar pengamatan. Teknik
analisis data dengan penskoran pada tes pilihan ganda (multiple choice)
dan penskoran pada lembar pengamatan kemudian dideskripsikan. Dari
hasil penelitian yang didapatkan bahwa siswa kelas VA Sekolah Dasar
Negeri 25 Kota Bengkulu cukup dengan rata-rata 61,28% dalam
memahami bahan ajar muatan lokal sejarah kerajaan Bengkulu. Namun
bila dilihat dari ketuntasan belajar, siswa kelas V SDN 25 Kota
Bengkulu dinyatakan belum tuntas, karena berdasarkan penilaian acuan
patokan siswa dinyatakan tuntas apabila yang mendapatkan nilai 65 ke
atas sebanyak 75-80%. Rincian perolehan hasil penelitian pada aspek
kecakapan akademik sebanyak 19 siswa (61,29%) mampu memahami
bahan ajar muatan lokal sejarah kerajaan Bengkulu, sebanyak 17 siswa
(54,83%) mampu memiliki sikap kesadaran sejarah dan sebanyak 21
siswa (67,74%) mampu memiliki sikap nasionalisme. Jadi, dari dapat
disimpulkan bahwa siswa kelas VA belum tuntas dilihat dari PAP dan
perlu dilakukan remedial.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
- Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
- Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
- Aksara.
- Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
- Belawati, Tian DKK. 2006. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:
- Universitas Terbuka.
- Daliman. 2012. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
- Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran.
- Yogyakarta: Gava Media.
- Madjid, Dien. 2014. Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.
- Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja
- Rosdakarya.
- Nurgiyantoro. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.
- Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
- Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:
- PT Remaja Rosdakarya.
- Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung:
- Alfabeta.
- Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Sardijoyo. 2007. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Siddik, Abdullah. 1996. Sejarah Bengkulu 1500-1990. Jakarta: Balai Pustaka
- Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:
- Graha Ilmu.
- Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
- Rosdakarya.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
- Alfabeta.
- Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
- Alfabeta.
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
- Rosdakarya
- Suryabrata, Sumardi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo
- Persada.
- Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
- Fajar Interpramata.
- Tilaar. 2012. 10 Windu Pendidikan Nasional Arah Kemana. Jakarta: Kompas.
- Tirtadireja, Syah Alam. 2011. Buku Andalan SMA IPS kelas 1, 2 & 3. Jakarta Timur:
- Generasi Cerdas.
- Undang-Undang Sisdiknas. 2003. No 20 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan
- Nasional. Jakarta. Pdf.
- Widiastono, Tonny. 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Kompas.
- Winarni, Endang Widi. 2012. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu:
- Penerbitan FKIP UNIB.
- Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.
References
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Belawati, Tian DKK. 2006. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Daliman. 2012. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media.
Madjid, Dien. 2014. Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nurgiyantoro. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung:
Alfabeta.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardijoyo. 2007. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Siddik, Abdullah. 1996. Sejarah Bengkulu 1500-1990. Jakarta: Balai Pustaka
Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Suryabrata, Sumardi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Fajar Interpramata.
Tilaar. 2012. 10 Windu Pendidikan Nasional Arah Kemana. Jakarta: Kompas.
Tirtadireja, Syah Alam. 2011. Buku Andalan SMA IPS kelas 1, 2 & 3. Jakarta Timur:
Generasi Cerdas.
Undang-Undang Sisdiknas. 2003. No 20 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta. Pdf.
Widiastono, Tonny. 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Kompas.
Winarni, Endang Widi. 2012. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu:
Penerbitan FKIP UNIB.
Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.