Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Pengambilan sampel  menggunakan teknik purposive sampling  sehingga diperoleh kelas VB  SD Negeri 60 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas VB SD Negeri 51 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Ujicoba instrumen dilakukan pada kelas VI SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang berjumlah 7 soal. Hasil perhitungan uji t-test gain skor didapatkan nilai thitung sebesar 4,16 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,01 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat  pengaruh penggunaan model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA  Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harmaida, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. JURIDIKDAS, 6(2), 253–263. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i2.6141