Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VB SD Negeri 60 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas VB SD Negeri 51 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Ujicoba instrumen dilakukan pada kelas VI SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang berjumlah 7 soal. Hasil perhitungan uji t-test gain skor didapatkan nilai thitung sebesar 4,16 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,01 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 JURIDIKDAS

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.