Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menyimak bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, di mana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t hitung sebesar 2,68 lebih besar dari nilai t tabel 2,01. Berarti Ha diterima. Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.
- Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
- Rosdiana, Yusi. 2014. Bahasa dan Sastra Indoneia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Santoso, Anang. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Kata Pena
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Rosdiana, Yusi. 2014. Bahasa dan Sastra Indoneia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Santoso, Anang. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Kata Pena