Main Article Content

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini terlaksana berdasarkan hasil pengamatan terhadap para guru Bahasa Inggris di Kota Bengkulu yang dianggap masih menggunakan cara manual dalam menulis sitasi dan referensi. Sehingga perlu adanya pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley sebagai salah satu perangkat pengelola referensi yang membantu guru bekerja dengan lebih efektif dan efisien dalam menulis karya ilmiah. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar guru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Mendeley untuk mengelola sitasi dan referensi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan yang sistematis yaitu: ceramah materi pelatihan, praktik penggunaan aplikasi dan evaluasi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini melibatkan beberapa instansi pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Kota Bengkulu. Visi yang sama menjadikan adanya keterkaitan langsung antara instansi tempat pelaksanaan kegiatan dan tim pelaksana kegiatan. Metode survey digunakan untuk mengevaluasi hasil kegiatan dengan cara mendistribusikan kuesioner kepada seluruh peserta pelatihan sebelum dan setelah mengikuti kegiatan. Hasil survey menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan yang signifikan pada pemahaman peserta pelatihan tentang penggunaan aplikasi Mendeley dalam pengelolaan sitasi dan referensi karya ilmiah. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat dan dampak positif bagi peserta.

Keywords

Karya ilmiah Mendeley Pelatihan Pengelola sitasi dan referensi

Article Details

How to Cite
Sujarwati, I., Azwandi, A., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Pengelolaan Sitasi dan Referensi Karya Ilmiah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18303

References

  1. Boadu, Francis; Dwomo-Fokuo, Elizabeth; Boakye, K. J., & Owusu-Kwaning, C. (2014). Training and Development : a Tool for Employee Performance in the District Assemblies in Ghana. International Journal of Education and Research, 2(5), 513–522.
  2. Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi. 64–74.
  3. Kusumaningsih, D. (2018). Mendeley As A Reference Management and Citation Generator for Academic Articles. 175(Icase), 81–83. https://doi.org/10.2991/icase-18.2018.22
  4. Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37
  5. Nasution, M K M. (2016). Carut marut menulis karya ilmiah. Harian Waspada, May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25320.57606
  6. Nasution, Mahyuddin K M. (2017). Cara menulis karya ilmiah. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 2(May). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18269.61922
  7. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, (2009).
  8. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 53 25 (2005).
  9. Rodrigo Costas; Zohreh Zahedi; Paul Wouters. (2015). Do ‘altmetrics’ correlate with citations? Extensive comparison of altmetric indicators with citations from a multidisciplinary perspective. Journal of the Association for Information Science and Technology, 66(10), 2003–2019. https://doi.org/10.1055/s-0033-1353891
  10. Sandika, I. K. B., Saputra, I. N., Wijaya, W., & Pratama, I. P. A. (2019). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word Dan Mendeley untuk Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Otomatis Bagi Guru di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. WIDYABHAKTI: JURNAL ILMIAH POPULER, 1(2), 42–46.
  11. Siagian, S. S. I. (2015). Pengaruh Pelatihan, Kepuasan Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(prom 2), 1–20.
  12. Thelwall, M., & Fairclough, R. (2015). National Research Impact Indicators from Mendeley Readers 1. Journal of Informetrics, 9(4), 845–859. https://doi.org/10.1016/j.joi.2015.08.003.citation
  13. Turere, V. N. (2013). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 10–19.