Main Article Content

Abstract

Pelaksanaan pengabdian berfokus pada edukasi kesiap-siagaan bencana tsunami pada anak dikawasan pesisir Teluk Tomini sebagai langkah awal untuk pengurangan resiko bencana. Hal ini dilakukan berdasar pada upaya untuk mengurangi risiko bencana pada anak, yang mana anak-anak merupakan golongan yang rentan terhadap suatu bencana. Anak-anak perlu dibekali akan berbagai informasi mengenai bencana alam, tentu saja muatan informasi tersebut dan cara penyampaiannya perlu disesuaikan dengan usia mereka. Alternatif yang mudah dalam mengenalkan konsep bencana alam ialah melalui penggunaan media pembelajaran interaktif.  Penggunaan media bertujuan untuk menarik minat anak untuk belajar dan memberikan kemudahan dalam menyajikan materi kepada anak. Pelaksanaan pengabdian edukasi kesiap-siagaan bencana tsunami pada anak menggunakan media interaktif ini menunjukkan hasil yang positif. Anak-anak lebih mengetahui tentang konsep dan penyebab dan tanda-tanda terjadinya bencana tsunami, serta tindakan-tindakan dalam menghadapi bencana tersebut. Selain itu, anak-anak bersedia untuk berbagi informasi kepada teman-teman dan keluarga tentang konsep bencana tsunami dan sikap kesia-siagaan dalam menghadapinya.

Article Details

How to Cite
Pratama, M. I. L., Yusuf, D., & Hendra, H. (2022). Edukasi Kesiap-Siagaan Bencana Tsunami Pada Anak Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21158

References

  1. Adha, M. M. (2015). Kemampuan Siswa Dalam Manajemen Mitigasi Bencana Sebagai Pengembangan Kompetensi Civic Skillwarga Negara. National Seminar.
  2. Asiri, L. (2020). Pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buton. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan. https://doi.org/10.35326/kybernan.v3i2.843
  3. Balaban, V. (2006). Psychological assessment of children in disasters and emergencies. In Disasters (Vol. 30, Issue 2). https://doi.org/10.1111/j.0361-3666.2006.00314.x
  4. Briceño, S. (2015). Looking Back and Beyond Sendai: 25 Years of International Policy Experience on Disaster Risk Reduction. International Journal of Disaster Risk Science. https://doi.org/10.1007/s13753-015-0040-y
  5. Florida, V. (2013). Disaster Mitigation: A Guide For Community-Based Organizations. Tallahassee: Florida. www.volunteerflorida.org.
  6. Fothergill, A. (2017). Children, Youth, and Disaster Children, Youth, and Disaster Children, Youth, and Disaster. Oxford Research Encyclopedia of Natural Hazard Science, July 2017.
  7. Global Facility for Disaster Reduction and Recovery. (2020). Indonesia. https://www.gfdrr.org/en/indonesia
  8. Hardhy, J., Muhaimin, & Syahri, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire Materi Bentuk Molekul untuk Siswa Kelas X IPA SMAN 10 Kota Jambi. J. Ind. Soc. Integ. Chem., 7(2).
  9. Koem, S. (2019). Membangun Ketahanan Berbasis Komunitas dalam Mengurangi Risiko Bencana di Desa Pilomonu Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30653/002.201942.143
  10. Koem, S., Jaya Lahay, R., K Nasib, S., & Ismail, M. (2021). Best Practice Berbasis Komunitas Dalam Mewujudkan Ketahanan Masyarakat Terhadap Bencana. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7259
  11. Manyoe, I. N., . L., Arif, S., & Lahay, R. J. (2019). Earthquake Damage Level of Gorontalo Area Based on Seismicity and Peak Ground Acceleration. Jambura Geoscience Review. https://doi.org/10.34312/jgeosrev.v1i1.2018
  12. Nina Sulvia Ayuna Sari, Hamengkubuwono, & Pratama, M. I. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4).
  13. Nurbaiti, U. C., Pascasarjana, P., & Muhammadiyah, U. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Pengembangan multimedia menggunakan software Lectore Inspire diharapkan mampu membantu permasalahan- permasalahan dalam pembelajaran . Penyusunan multimedia dengan Lectore Inspire dimaksudkan mempermu. 12(1), 21–29. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.1317
  14. Nurfitriani, Pasau, G., & Raharjo, S. S. (2014). Identifikasi Sesar di Wilayah Gorontalo dengan Analisis Mekanisme Bola Fokus. Jurnal MIPA. https://doi.org/10.35799/jm.3.1.2014.3905
  15. Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041
  16. Pratama, M. Iqbal Liayong, Hutagalung, R., Kasim, M., & Akase, N. (2021). Sosialisasi Aplikasi Keberadaan Ikan Untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Nelayan Desa Molotabu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3324
  17. Pratama, M I L, & Febrianto, H. (2019). Arahan Kebijakan Mitigasi Bencana GunungApi Kaba di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Jurnal Azimut, 2(1).
  18. Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
  19. Ramadhani, I. A., & Rumaur, J. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Materi Dasar Komputer kelas X di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi). https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i1.385
  20. Ronan, K. R., & Johnston, D. M. (2005). Promoting Community Resilience in Disasters. In Promoting Community Resilience in Disasters. https://doi.org/10.1007/b102725
  21. Roudhotul Ulum, M., Banowati, E., & Suharini Jurusan Geografi, E. (2017). Partisipasi Masyarakat Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Terhadap Upaya Penanggulangan Bencana Tanah Longsor. In Edu Geography (Vol. 5, Issue 2).
  22. UNDP. (2020). One of the world’s most disaster-prone countries, Indonesia prepares school for tsunamis. UNDP. https://www.id.undp.org/Content/Indonesia/En/ Home/Presscenter/Articles/2018/One-of-the-World-s-Most-Disaster-Prone-Countries--Indonesia-Prep.Html.