Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran animasi merupakan alat utama guru bahasa Indonesia dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa terutama di masa Pandemi Covid-19. Faktanya, masih banyak guru bahasa Indonesia tingkat SMP, khususnya di Kabupaten Bengkulu Tengah yang belum mampu mendesain media pembelajaran animasi.  Untuk itu, dalam pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menjelaskan hasil pelatihan mendesain media pembelajaran animasi pada masa Pandemi Covid-19 bagi guru bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode pelatihan dilaksanakan secara daring melalui Zoom dengan teknik diskusi, ceramah, dan pendampingan. Hasil dari pelatihan ini yaitu pemahaman para kepada guru bahasa Indonesia dalam mendesain media pembelajaran animasi dengan aplikasi Renderforest, Powtoon, dan VideoScribe sebesar 75% dan keterampilan dalam mendesain media pembelajaran animasi baru 53% dari 28 jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan.

Article Details

Author Biographies

Dian Eka Chandra Wardhana, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

Suryadi Suryadi, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

Noermanzah Noermanzah, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

How to Cite
Wardhana, D. E. C., Suryadi, S., & Noermanzah, N. (2022). Pelatihan Mendesain Media Pembelajaran Animasi pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(1), 41–52. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v3i1.24700