Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan terhadap para guru Bahasa Inggris di Pagar Alam yang dianggap masih belum mengenal dan menguasai pemberian umpan balik korektif yang dimediasi komputer. Untuk itu perlu adanya pelatihan tentang pemberian umpan balik dengan memanfaatkan media computer yang berguna bagi guru dalam mengorksi tulisan siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan efisien. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pembiasaan guru dalam memberikan umpan balik korektif yang dimediasi komputer dalam keterampilan menulis. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk ceramah materi pelatihan, praktik pemberian umpan balik dan evaluasi. Metode survey digunakan untuk mengevaluasi hasil kegiatan melalui pendistribusian angket. Data menunjukkan rata-rata respon baik yang diberikan oleh peserta kegiatan adalah sebesar 92.6%. Dengan kata lain, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini telah memberikan kontribusi positif terhadap profesionalitas guru dalam dunia Pendidikan, khususnya dalam pengajaran keterampilan menulis Bahasa Inggris pada tingakat sekolah menengah.


Abstract. The background of the implementation of this community service is based on observations of English teachers in Pagar Alam who are considered to still not know and master the provision of computer-mediated corrective feedback. Consequently, there is a need for training on providing feedback by utilizing computer media that is useful for teachers in correcting students' writing in English lessons effectively and efficiently. The aim of this activity is to improve the knowledge and skills as well as the habituation of teachers in providing corrective feedback on writing skills mediated by computers. In practice, this service activity is carried out in the form of lectures on training materials, and the practice of providing feedback and evaluation. The survey method is used to evaluate the results of activities through the distribution of questionnaires. The data shows that the average good response given by the activity participants is 92.6%. In other words, the implementation of this community service has made a positive contribution to the professionalism of teachers in the world of education, especially in teaching English writing skills at the secondary school level.

Article Details

How to Cite
Sujarwati, I., Harahap, A., & Sofyan, D. (2023). Pelatihan Pemberian Umpan Balik Korektif Dimediasi Komputer bagi Guru Bahasa Inggris . Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(2), 155–170. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v3i2.26648