Main Article Content

Abstract

Soal HOTS atau higher order thingking skills merupakan peningkatan dari soal Lower Order Thinking Skills (LOTS). Tujuan pelatihan ini dibuat karena guru-guru masih menggunakan pembuatan soal-soal evaluasi pembelajaran yang diberikan dalam menilai hasil belajar siswa selama ini masih dalam tataran Lower Order Thinking Skills (LOTS). Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru SMPN 50 Jakarta dalam pembuatan soal-soal evaluasi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru-guru tentang konsep Hots serta kurangnya kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun soal berbasis Hots. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan soal berdasarkan pedoman penulisan soal Hots. Melalui metode ceramah dan praktik, pelatihan ini ternyata dapat membuka wawasan pengetahuan dan pemahaman guru tentang bagaimana menyusun soal serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat soal pada jenjang keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengukur perkembangan daya pikir dan nalar siswa dengan semestinya sesuai dengan capaian akhir pembelajaran yang diharapkan yaitu agar siswa dapat berpikir krtitis dan kreatif sehingga dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk mengenali dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari


Kata Kunci : Pelatihan, Penyusunan soal hots, SMPN 50 Jakarta.

Article Details

How to Cite
Nusivera, E., Indah Rahmayanti, & Trie Utari Dewi. (2023). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Hots Bagi Guru SMP. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.27036