Main Article Content
Abstract
Soal HOTS atau higher order thingking skills merupakan peningkatan dari soal Lower Order Thinking Skills (LOTS). Tujuan pelatihan ini dibuat karena guru-guru masih menggunakan pembuatan soal-soal evaluasi pembelajaran yang diberikan dalam menilai hasil belajar siswa selama ini masih dalam tataran Lower Order Thinking Skills (LOTS). Permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru SMPN 50 Jakarta dalam pembuatan soal-soal evaluasi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru-guru tentang konsep Hots serta kurangnya kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun soal berbasis Hots. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan soal berdasarkan pedoman penulisan soal Hots. Melalui metode ceramah dan praktik, pelatihan ini ternyata dapat membuka wawasan pengetahuan dan pemahaman guru tentang bagaimana menyusun soal serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat soal pada jenjang keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengukur perkembangan daya pikir dan nalar siswa dengan semestinya sesuai dengan capaian akhir pembelajaran yang diharapkan yaitu agar siswa dapat berpikir krtitis dan kreatif sehingga dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk mengenali dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari
Kata Kunci : Pelatihan, Penyusunan soal hots, SMPN 50 Jakarta.
Article Details
Copyright (c) 2023 Egi Nusivera, Indah Rahmayanti, Trie Utari Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.