Main Article Content

Abstract

Geopark merupakan topik penting pembangunan daerah khususnya pariwisata di era globalisasi saat ini. Desa Olele yang merupakan daerah tujuan wisata potensial, terdapat potensi alam yang besar, termasuk kekayaan geologis yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Untuk mendapatkan manfaat yang berkelanjutan dari industri pariwisata ini, masyarakat lokal harus diberdayakan melalui pendekatan yang juga mencakup pengenalan profesi ahli geologi kepada generasi muda. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menggambarkan implementasi program "Geokids Class" yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar tentang geologi dan geopark kepada anak-anak di Desa Olele. Metode pendekatan partisipatif dan pendidikan berbasis komunitas digunakan dalam implementasi program ini. Hasil dari program "Geokids Class" menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak tentang geopark di sekitar mereka serta pemahaman tentang dampak positif yang dapat dihasilkan dari pengenalan profesi geologi.

Article Details

How to Cite
Yayu Indriati Arifin, Ninasafitri, N., Djamal Adi Nugroho, Fadhil Abdillah Ahmad, & Alit Anastasya Hemu. (2023). Geokids Class: Pemberdayaan untuk Pariwisata Berkelanjutan melalui Pengenalan Geopark pada Anak-Anak di Desa Olele. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 151–163. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.30174