Main Article Content

Abstract

Salah satu bentuk implementasi penggunaan teknologi informasi dalam bidang pendidikan yaitu dengan mengimplementasikan media-media pembelajaran interaktif dalam guna menunjang proses pembelajaran yang menarik. Pemanfaatan teknologi ini dianggap sebagai salah satu solusi pembelajaran dalam menyampaikan materi yang akan dibelajarkan kepada peserta guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbantuan canva, figma wordwall di era merdeka belajar di SD Negeri 149 Seluma. Tujuan dari kegiatan ini untuk menambah dan meningkatkan pemahaman guru tentang membuat media pembelajaran interaktif, komunikatif serta menarik dengan menggunakan aplikasi. Metode kegiatan pelatihan dilakukan selama 1 hari, dengan metode demonstrasi. Jumlah responden sebanyak 25 guru. Hasil kegiatan diperoleh peningkatan pemahaman guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif sebesar 80%. Melalui pelatihan ini ternyata dapat membuka wawasan pengetahuan dan pemahaman guru tentang bagaimana membuat media pembelajaran interaktif sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa dengan capaian akhir pembelajaran yang diharapkan yaitu siswa dapat berpikir kritis dan kreatif sehingga dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk menyelesaikan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari

Article Details

How to Cite
Raibowo, S., Restu Ilahi, B., Wijanarko, A., & Hiasa, F. (2024). Pelatihan Menjadi Guru Kreatif Dengan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Canva, Figma, Wordwall Di Era Merdeka Belajar . Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(2), 286–294. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i2.30328