Main Article Content

Abstract

Jurnalistik dalam perkembangannya telah berkontribusi terhadap proses literasi. Dalam era digital, kemampuan literasi jurnalistik menjadi keterampilan yang penting bagi siswa, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Keterampilan ini tidak hanya mencakup kemampuan menulis berita yang akurat dan informatif, tetapi juga kemampuan desain grafis untuk mendukung penyajian informasi secara visual. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan penguatan keterampilan literasi jurnalistik bagi siswa SMK melalui program workshop penulisan berita dan desain grafis. Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk workshop diikuti oleh siswa dari SMK N 1 Batang kelas X dan XI yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik (BiSis) dan memiliki minat di bidang jurnalistik sejumlah 30 siswa. Melalui metode pelatihan interaktif, siswa diajak untuk memahami prinsip-prinsip dasar jurnalistik, mulai dari pengumpulan fakta, penulisan berita yang tepat, hingga teknik desain grafis yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta. Hasil dari workshop ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyampaikan informasi secara efektif dan kreatif, serta meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja yang semakin digital. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi digital siswa, khususnya dalam bidang jurnalistik, sehingga mampu menghadapi tantangan komunikasi di era modern.

Article Details

How to Cite
Yuliyanti, T., & Setyawan, N. A. (2025). PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASI JURNALISTIK BAGI SISWA SMK MELALUI WORKSHOP PENULISAN BERITA DAN DESAIN GRAFIS. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(1), 16–33. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v5i1.37164