Main Article Content

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka belajar dapat dilakukan dengan kerjasama antara pihak Universitas dan SMA sederajat dalam mencapai cita-cita kebijakan merdeka belajar yaitu mewujudkan pendidikan berkualitas yang berfokus pada pengembangan kompetensi dasar dan pendidikan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Salah satu metode untuk merealisasikan pendidikan yang berkualitas adalah melalui proses metode ilmiah yang dapat dilakukan siswa dalam pembelajaran kimia dengan sarana laboratorium kimia. UPT Laboratorium Terpadu Unit Laboratorium Kimia UHO melakukan kerjasama dengan MA Asy-Syafi’iyah Kendari dalam rangka memberikan pengalaman kepada siswa tentang bagaimana melakukan praktikum di Laboratorium sebagai implementasi kurikulum merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ekspositori (ceramah) dan demonstrasi (praktikum), serta evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi para siswa-siswi MA Asy-Syafi’iyah Kendari sebagai peserta dalam menambah pengetahuan tentang materi praktikum pengenalan alat bahan, pembuatan larutan dan reaksi asam basa. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil analisis n-Gain sebesar 0,32 dimana nilai tersebut masuk dalam kategori lompatan nilai sedang yang menunjukkan bahwa pelatihan cukup memperlihatkan dampak yang signifikan.

Article Details

How to Cite
Nurliana, L., Ritonga, H., Sabarwati , S. H., & Musta, R. (2025). Pengenalan Teknik Dasar Laboratorium terhadap Siswa-Siswi MA Asy-Syafi’iyah Kendari di Laboratorium Unit Kimia UPT Lab. Terpadu Universitas Halu Oleo. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(2), 45–53. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v5i2.37381