Main Article Content

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pengabdian di MI Tarbiyatul Aulad yang memiliki tujuan peningkatan pemahaman siswa terkait area pribadi serta sentuhan baik-tidak baik. Latar belakang dari kegiatan pelatihan ini adalah adanya keluhan dari para guru serta siswa di MI Tarbiyatul Aulad terkait perilaku anak PDBK yang memiliki kematangan seksual melampaui usia fisiknya sehingga meresahkan warga MI. Kegiatan ini dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: 1) survei dan pengumpulan data, 2) menentukan tema pengabdian, 3) persiapan materi kegiatan, 4) edukasi, dan 5) evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) kegiatan survei dan pengumpulan data di lokasi pengabdian berjalan lancar, 2) menentukan tema pengabdian di MI Tarbiyatul Aulad, yaitu edukasi seksual berbasis nilai-nilai islami, 3) materi pengabdian berupa modul edukasi seksual berbasis nilai-nilai islami dan video animasi sentuhan baik-tidak baik, 4) kegiatan edukasi dilakukan dengan metode ceramah, dan 5) siswa memiliki pemahaman mendasar tentang bab seksual, khususnya batasan area pribadi serta sentuhan baik-tidak baik.

Article Details

How to Cite
Rahma Ramadani, K., Muhammad Zacky Ramadhani, Naila Humnati Rosyidah, Dewi Mey Sintawati, Farhan Syidik Fadlillah, & Purnomo. (2025). Edukasi Seksual Berbasis Nilai Islami di Sekolah Inklusi MI Tarbiyatul Aulad Kabupaten Semarang . Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 6(1), 47–59. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v6i1.44682