Main Article Content

Abstract

This descriptive qualitative research investigated lecturers’ perception on online learning during the COVID-19 pandemic era. This turned out that most of the lecturers are keen on running the teaching and learning activities online despite some problems which might repeatedly occurred during the class. However, most of the participants think that the online learning is difficult to do albeit they like it. Then, discussion is the most favorable method to do in the online learning activities. Some possible suggestions for future actions is needed.

Keywords

online learning, pandemic era lecturer's perception

Article Details

References

  1. Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh
  2. Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50
  3. Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.
  5. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  6. Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19
  7. Pada Calon Guru: Hambatan Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah
  8. LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3
  9. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri
  10. Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, Nomor 04/KB/2020, Nomor 737 Tahun 2020, Nomor HK.01.08/Menkes/7093/2020, dan Nomor 420-3987 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
  11. Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam
  12. Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4). 282
  13. Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan
  14. Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional
  15. Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 57
  16. Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif
  17. Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia.
  18. Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17.
  19. Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning
  20. terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.
  21. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
  22. Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk
  23. Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social
  24. Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33