Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Projeck Base Learning (PjBL) terhadap peningkatan produk Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Penjas dan olahraga. Metode dan prosedur penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi (collaborative classroom action research), subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Program studi Penjas FKIP Unib, pada materi Media pembelajaran LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Projek Base Learning dalam pembelajaran perencanaan media LKPD mampu memberikan motivasi dan sistem belajar mahasiswa dalam kelompok dalam merencanakan dan membuat produk LKPD, dan mampu memecahkan masalah dalam kelompok secara efektif dan efisien sehingga penguasaan serta keterampilan membuat LKPD dengan ketuntasan mencapai 77,4%. LKPD yang memenuhi kelayakan isi yang terdiri dari indikator materi pembelajaran, materi sesuai dengan kebutuhan belajar dan ketercakupan belajar dengan peningkatan sebesar 20%. Kesesuaian penyajian LKPD yang meliputi sistematika petunjuk LKPD dengan tugas gerak PJOK, dan isi dengan tugas gerak PJOK, dengan peningkatan sebesar 37,8%. Kesesuaian dengan syarat didaktis yang memenuhi kebutuhan peserta didik dan pengembangan diri peserta didik, meningkat sebesar 30%. Kesesuaian dengan syarat konstruksi (kebahasaan) yang memenuhi kesuaian Penggunaan bahasa dan kalimat, meningkat sebesar 51%, sedangkan kesesuain LKPD dengan syarat teknis (grafis) yang memenuhi indikator tulisan dan gambar dalam LKPD serta desain /penampilan LKPD, meningkat sebesar 10,7%.
Kata Kunci
Rincian Artikel
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi.( 2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Badan Nasional Standar Pendidikan BNSP, (2013) Kemendiknas: Jakarta
- Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
- Fajrida, Yunila.(2015). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Diakses di http://yafajridabiologiuir.blogspot.co.id/2015/11/lembaran-kerja-peserta-didik-lkpd.html . Pada tanggal 13 Januari 2017 pukul 19.05 WIB
- Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
- Indriyani (2013),Mengembbangkan Penguasaan Konsep Sains dan karakter siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Bimbingan. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu
- Ngalimun, (2012), Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
- Nurohman, S. (2011). Pendekatan Project Based Learning sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. (Online), (http://www.moe.edu.my), diakses 18 mei 2019.
- Prastowo, A. (2011) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
- Rahma Wahyu, 2016 Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal ,Teknoscienza Vol.1 No.1 Oktober 2016
- Riadi, Muchlisin. (2015). Pengertian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Diakses dari http://kajianpustaka.com/2015/07/lembar-kerja-peserta-didik.lkpd.html?m=1. Pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 23.01 WIB.
- Riosa Y.Devi, (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) PJOK Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Perkembangan Tubuh Remaja Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP, Skripsi: UNY.
- Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
- Soemosasmito.S.,(1997), Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa.Press.
- Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani. Bandung : Nuansa Cendekia
- Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
- Wardani.I.G.K., (2002) , Penelitian Tindakan Kelas . Universitas Terbuka Jakarta.
- Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
- Widjajanti, Endang.(2008). Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi.( 2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Nasional Standar Pendidikan BNSP, (2013) Kemendiknas: Jakarta
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Fajrida, Yunila.(2015). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Diakses di http://yafajridabiologiuir.blogspot.co.id/2015/11/lembaran-kerja-peserta-didik-lkpd.html . Pada tanggal 13 Januari 2017 pukul 19.05 WIB
Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
Indriyani (2013),Mengembbangkan Penguasaan Konsep Sains dan karakter siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Bimbingan. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu
Ngalimun, (2012), Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
Nurohman, S. (2011). Pendekatan Project Based Learning sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. (Online), (http://www.moe.edu.my), diakses 18 mei 2019.
Prastowo, A. (2011) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rahma Wahyu, 2016 Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal ,Teknoscienza Vol.1 No.1 Oktober 2016
Riadi, Muchlisin. (2015). Pengertian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Diakses dari http://kajianpustaka.com/2015/07/lembar-kerja-peserta-didik.lkpd.html?m=1. Pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 23.01 WIB.
Riosa Y.Devi, (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) PJOK Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Perkembangan Tubuh Remaja Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP, Skripsi: UNY.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Soemosasmito.S.,(1997), Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa.Press.
Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani. Bandung : Nuansa Cendekia
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Wardani.I.G.K., (2002) , Penelitian Tindakan Kelas . Universitas Terbuka Jakarta.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widjajanti, Endang.(2008). Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.