Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kompetisi guru SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Lampung Barat. Tentang kompetisi Pedagogik, Keperibadian, Sosial, dan Profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif. Data dikumpulkan memalui wawancara, pengamatan, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Profil guru penjas bertugas di Kabupaten Lampung Barat dari faktor usia relatif tua, masa tugas cukup lama, (2) Aspek Kompetisi pedagogik guru penjas sudah menjalankan dengan sesuai karena sebagian besar sudah mendapatkan PNS dan berstatus sertifikasi, (3) Aspek Kompetisi Kepribadian memiliki prilaku yang dapat di teladani dan dicontoh, (4) secara kompetisi sosial guru penjas mampu berkomunikasi dengan efektif ke beberapa pihak baik di sekolah ataupun pada lingkungan sekitar tempat tinggal, (5) secara kompetisi profesional guru penjas mampu meningkatkan kemampuan individu dengan mengikuti PLPG dan PPG serrta penataran yang dilaksanakan di provinsi maupun nasional.
Rincian Artikel
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
- Estrada, E., Pujianto, D., & Arwin, A. (2019). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pjok Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Bngkulu. Kinestetik, 3(2), 198-207.
- Ginting, Abdurrakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Humaniora.
- Hamalik, Oemar. (2009). Pendidikan Guru (Berdasarkan Pendekatan Kompetensi). Jakarta. Bumi Aksara.
- Husdarta. H.J.S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.
- Hermawan, Rahmat. (2008).Sertifikasi Merupakan Pengakuan Profesi Guru. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Sehari di depan Guru Penjaskes Se- Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, tanggal 20 Maret 2008.
- Hermawan, Rahmat (2014). Studi Evaluasi Tentang Kompetensi Guru Penjasorkes Se- Kecamatan Tanjung karang Barat Kota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Progresif 4(1), 79-92.
- Hermawan, Rahmat (2014). Studi Evaluasi Tentang Kompetensi Guru Penjasorkes Kabupaten Pringsewu. LaporanPenelitian. LPPM Universitas Lampung. Bandar Lampung.
- Hermawan, Rahmat dan Sudirman Husin (2015). Studi Evaluasi tentang Kompetensi Guru Penjasorkes Kota Metro LaporanPenelitian. LPPM Universitas Lampung. Bandar Lampung.
- Lutan, Rusli. (2000). Manajemen Pendidikan jasmani. Bandung. Depdiknas.
- Mahendra, Agus. (2008). Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung. FPOK-UPI Bandung.
- Moleong, J. Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
- Mulyasa. E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
- Mulyasa. E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution. (2003). Metode Research. Bandung. PT Jemar.
- Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
- Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar). Jakarta. Indeks.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif). Bandung. Alfabeta.
- Suherman, Adang dan Agus Mahendra. (2001). Menuju Perkembangan Menyeluruh. Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Umum. Jakarta. Depdiknas.
- Susilo, Joko Muhammad. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
- Usman, Moh. Uzer. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
- Yusuf. (2001). Pertumbuhan, Perkembangan Peserta Didik. Bandung. FPOK-UPI Bandung.
- Universitas Lampung, 2009. Format Penullisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Referensi
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Estrada, E., Pujianto, D., & Arwin, A. (2019). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pjok Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Bngkulu. Kinestetik, 3(2), 198-207.
Ginting, Abdurrakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Humaniora.
Hamalik, Oemar. (2009). Pendidikan Guru (Berdasarkan Pendekatan Kompetensi). Jakarta. Bumi Aksara.
Husdarta. H.J.S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.
Hermawan, Rahmat. (2008).Sertifikasi Merupakan Pengakuan Profesi Guru. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Sehari di depan Guru Penjaskes Se- Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, tanggal 20 Maret 2008.
Hermawan, Rahmat (2014). Studi Evaluasi Tentang Kompetensi Guru Penjasorkes Se- Kecamatan Tanjung karang Barat Kota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Progresif 4(1), 79-92.
Hermawan, Rahmat (2014). Studi Evaluasi Tentang Kompetensi Guru Penjasorkes Kabupaten Pringsewu. LaporanPenelitian. LPPM Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Hermawan, Rahmat dan Sudirman Husin (2015). Studi Evaluasi tentang Kompetensi Guru Penjasorkes Kota Metro LaporanPenelitian. LPPM Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Lutan, Rusli. (2000). Manajemen Pendidikan jasmani. Bandung. Depdiknas.
Mahendra, Agus. (2008). Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung. FPOK-UPI Bandung.
Moleong, J. Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Nasution. (2003). Metode Research. Bandung. PT Jemar.
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar). Jakarta. Indeks.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif). Bandung. Alfabeta.
Suherman, Adang dan Agus Mahendra. (2001). Menuju Perkembangan Menyeluruh. Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Umum. Jakarta. Depdiknas.
Susilo, Joko Muhammad. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Usman, Moh. Uzer. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Yusuf. (2001). Pertumbuhan, Perkembangan Peserta Didik. Bandung. FPOK-UPI Bandung.
Universitas Lampung, 2009. Format Penullisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung.