Isi Artikel Utama

Abstrak

Aktivitas fisik merupakan suatu kegiatan tubuh yang dilakukan dengan sistematis dan bertujuan, baik yang bersifat preventif maupun kuratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dengan mengetahui bagaimana tingkat aktivitas fisik siswa pada masa pasca pandemik covid-19. Metode penelitian yang diterapkan berupa deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X-2 SMA Pasundan 2 Kota Cimahi yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan kuesioner tentang aktivitas fisik dari Beacke yang hanya diambil dua jenis aktivitas dari tiga jenis aktivitas, yaitu aktivitas pada saat berolahraga dan pada waktu luang. Teknik analisis data menggunakan jenis analisis kuantitatif survei, yaitu dengan teknik persentase. Dari hasil penelitian diketahui bahwa indeks aktivitas fisik siswa pada saat berolahraga mendapatkan rata-rata skor sebesar 2,96 masuk pada kategori kurang aktif, sedangkan indeks aktivitas fisik pada waktu luangnya memiliki skor 3,30 masuk pada kategori cukup aktif. Ini menandakan bahwa aktivitas fisik siswa lebih banyak dilakukan pada saat waktu luangnya daripada saat berolahraga.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dedi Supriadi. (2023). Analysis of Post Pandemic Covid-19 Students’ Activities. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(1), 169–175. https://doi.org/10.33369/jk.v7i1.25005

Referensi

  1. Agustina, D., Jannah, R., & Roesdal, N. (2016). Aktivitas Fisik Berperan Penting Dalam Kesegaran Jasmani Murid SD. Jurnal Bahanan Kesehatan Masyarakat, 13(4), 215–222. http://journal.poltekkesjambi.ac.id/index.php/JBKM/article/view/117/48
  2. Ainsworth, B. E., & Macera, C. A. (2012). Physical Activity and Public Health Practice. CRC Press Taylor & Francis Group.
  3. Arief, N. A., Ferianto, B., Kuntjoro, T., & Surabaya, U. N. (2020). Gambaran Aktivitas Fisik Dan Perilaku Pasif Mahasiswa Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 175–183. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9564
  4. Arinda, D. F., Fajar, W. I., Sari, D. M., & Yuliarti. (2021). Physical Activities , Health and Nutritional Behaviors in New Normal Period for Employees in Indonesia. JAKAGI: Jurnal Pangan Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 9–19. https://journal.binawan.ac.id/index.php/JAKAGI/article/view/154/131
  5. Bintoro, M. S., Ferianto, B., & Kuntjoro, T. (2021). Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Siswa Sma Negeri 2 Kota Mojokerto Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(02), 389–393. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/41924
  6. Bouchard, C., Blair, S. N., & Haskell, W. L. (2011). Physical Activity and Health. Routledge.
  7. Crook, H., Raza, S., Nowell, J., Young, M., & Edison, P. (2021). Long covid — mechanisms , risk factors , and management. BMJ, 374, 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.1136/bmj.n1648
  8. Ferdianto, T. P., & Prihanto, J. B. (2017). Hubungan Aktivitas Fisik Harian Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 925–928. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
  9. Haapala, E. A., Väistö, J., Lintu, N., Westgate, K., Ekelund, U., Poikkeus, A.-M., Brage, S., & Lakka, T. A. (2017). Physical activity and sedentary time in relation to academic achievement in children. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(6), 583–589. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.11.003
  10. Hall, Laddu, Phillips, Lavie, & Arena. (2020). Progress in Cardiovascular Diseases A tale of two pandemics : How will COVID-19 and global trends in physical inactivity and sedentary behavior affect one another ? Progress in Cardiovascular Diseases, 64, 4–6. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2020.04.005
  11. Hambali, S., Akbaruddin, A., Bustomi, D., Rifai, A., Iskandar, T., Ridlo, A. F., Meirizal, Y., Rusmana, R., & Tyas, R. A. (2021). The effectiveness learning of physical education on pandemic covid-19. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 219–223. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090208
  12. Iskandar, M. A. (2012). Pengaruh Aktivitas Fisik Submaksimal (Rockport 1-Mile Walk Test) Terhadap Tekanan Darah Pada Pria Dewasa Yang Rutin Berolahraga dan Yang Tidak Rutin Berolahraga [Universitas Kristen Maranatha]. http://repository.maranatha.edu/2699/
  13. Jiménez-Pavón, D., Carbonell-Baeza, A., & Lavie, C. (2020). Progress in Cardiovascular Diseases Physical exercise as therapy to fight against the mental and physical consequences of COVID-19 quarantine : Special focus in older people ☆. Progress in Cardiovascular Diseases, 63, 386–388. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2020.03.009
  14. Kasyifa, I. N., Rahfiludin, M., & Suroto, Z. (2018). Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Remaja. Medical Technology and Public Health Journal (MTPH Journal), 2(2), 133–142. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/MTPHJ/article/view/566/500
  15. Knight, R. (2020). Coronavirus: Adult Physical Activity Falls By A Quarter Since Lockdown. Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/coronavirus-lockdown-physical-activity-reduced-exercise-weight-a9505411.html
  16. Korczak, D. J., Madigan, S., & Colasanto, M. (2017). Children’s Physical Activity and Depression: A Meta-analysis. Pediatrics, 139(4). https://doi.org/10.1542/peds.2016-2266
  17. Miles, L. (2007). Physical activity and health. British Nutrition Foundation Nutrition Bulletin, 32, 314–363. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-3010.2007.00668.x
  18. Purwantini, D., & Manikarini, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Olahraga dan Aktivitas. Journal of Public Health and Community Services – JPHCS, 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jphcs.2022.13891
  19. R, G., & Boy, E. (2020). Edukasi Olahraga Di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik Dan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Implementasi Husada, 1(2), 152–161. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/article/download/5035/pdf_13
  20. Ravalli, S., & Musumeci, G. (2020). Coronavirus Outbreak in Italy: Physiological Benefits of Home-Based Exercise During Pandemic. Journal of Functional Morphology and Kinesiology, 5(2), 31. https://doi.org/10.3390/jfmk5020031
  21. Renti, P. D., Kurniawan, F., & Fahrudin. (2021). Physical Activity Siswa SMA Negeri 3 Purwakarta di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7). https://doi.org/10.5281/zenodo.5650902
  22. Rochman, B., Indahwati, N., & ... (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah …, 6(1), 257–265.
  23. Suryo, A. P., Sasmoyohati, & Hadiarso, L. (2017). Karakteristik Nyeri Punggung Bawah Anggota Aktif TNI AD di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Cdk-254, 44(7), 457–462. http://103.13.36.125/index.php/CDK/article/download/745/508
  24. Warburton, D. E. R., Nicol, C. W., & Bredin, S. S. D. (2006). Health benefits of physical activity : the evidence. Canadian Medical Association Journal, 174(6), 801–809. https://doi.org/https://doi.org/10.1503/cmaj.051351
  25. WHO. (2004). Health and Development Through Physical Activity and Sports (W. H. O. N. and M. Health (ed.)). NCD and Health Promotion Publication.
  26. Xiang, M., Zhang, Z., & Kuwahara, K. (2020). Progress in Cardiovascular Diseases. Progress in Cardiovascular Diseases, 63(4), 531–532. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2020.04.013