Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing kaki bagian dalam menggunakan model pembelajaran (TGT) team game tournament pada siswa kelas X teknik informatika SMK Negeri 8 Bengkulu Utara. Model pembelajaran ini meningkatkan kemauan siswa akan keberhasilan dalam belajar, dengan permainan yang menyenangkan berupa game turnamen yang dilakukan membuat siswa merasa senang dan bergairah dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian siswa kelas X teknik informatika SMK Negeri 8 Bengkulu Utara yang berjumlah 18 siswa. Hasil evaluasi siklus satu dan disiklus kedua mengalami peningkatan dalam proses belajar. Pada lembar observasi aktifitas guru proses belajar mengajar dari jumlah indikator keseluruhan pada siklus 1 mendapat presentas 68% dan pada tindakan disiklus 2 meningkat menjadi 89, 5%. Begitu juga pada lembar observasi aktifitas siswa dari prasiklus sampai siklus kedua juga mengalami peningkatan, pada prasiklus tingkat ketuntasan pada proses belajar mengajar siswa yaitu 44, 44%, pada siklus 1 mendapat presentase 68%, dan pada siklus 2 yaitu 79%. Sedangkan nilai keterampilan teknik passing kaki bagian dalam siswa pada saat prasiklus yaitu 44,44%, meningkat pada siklus 1 yaitu 61,11% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebanyak 77,78%. Secara keseluruhan nilai siswa sudah mencapai KKM mata pelajaran PJOK SMK 8 Bengkulu Utara. Ini menunjukan bahwa peran model-model pembelajaran mampu memberikan perubahan dan memudahkan siswa dalam menerima materi dan menerima konsep yang benar dalam proses belajar mengajar teknik dasar sepak bola passing kaki bagian dalam.
Rincian Artikel
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto.Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Darmawan, Aris Dian. (2014).Teknik Passing Sepak Bola Dengan Kaki Bagian Dalam.
- Haryono.(2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Purworejo: Amara Books
- Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Soekatamsi. (1993). Permainan Besar 1 (Sepak Bola).Jakarta
- Slavin, Robert E. (2004) Cooperative Learning. Bandung: Nusa Indah
- Subardi. H Dan Andri Setyawan. (2007). Olahraga Kegemaranku Sepak Bola. Klaten: Intan Pariwara
- Suprijono, Agus. (2014). Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Referensi
Arikunto.Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Darmawan, Aris Dian. (2014).Teknik Passing Sepak Bola Dengan Kaki Bagian Dalam.
Haryono.(2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Purworejo: Amara Books
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Soekatamsi. (1993). Permainan Besar 1 (Sepak Bola).Jakarta
Slavin, Robert E. (2004) Cooperative Learning. Bandung: Nusa Indah
Subardi. H Dan Andri Setyawan. (2007). Olahraga Kegemaranku Sepak Bola. Klaten: Intan Pariwara
Suprijono, Agus. (2014). Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar