Main Article Content

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses belajar atletik tolak peluru. Media yang dipakai adalah bola peralatan olahraga anak (POA). Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 05 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 siswa. Pada penelitian ini melihat hasil uji pra siklus, siklus 1, 2 dan siklus 3 serta lembar observasi guru dan siswa. Nilai tes uji pra siklus di dapat 31,1% yang mendapat nilai cukup artinya masih sangat kurang dalam proses belajar atletik tolak peluru. Pada siklus 1 di dapat 40% terjadi peningkatan proses belajar tolak peluru pada media POA namun belum mencapai KKM dan dilihat dari observasi guru mendapat nilai 40 % dan observasi siswa 40%. Pada siklus 2 didapat nilai tes sebesar 65,7%, sedangkan lembar observasi guru sebesar 66% dan lembar observasi siswa sebesar 60% belum tuntas belajar. Pada siklus 3 ketuntasan belajar siswa mencapai 85,7% sedangkan lembar observasi guru mencapai 80% dan lembar obsevasi siswa mencapai 76% semua telah menunjukan ketuntasan nilai atau KKM 70%. Dari nilai tes siklus 3 dapat disimpulkan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan model pembelajaran bola POA dapat meningkatkan proses belajar atletik tolak peluru dan meningkatkan semangat belajar siswa. Peningkatan ini dikarenakan siswa bersemangat dalam proses belajar dan saling membantu di dalam kelompok masing.
 

Keywords

Atletik Tolak Peluru Media POA Penerapan

Article Details

How to Cite
Nuryati, N., Arwin, A., & Ilahi, B. R. (2017). UPAYA PENINGKATAN PROSES BELAJAR ATLETIK TOLAK PELURU MELALUI PENERAPAN MEDIA POA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 05 K0TA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 117–122. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3475

References

  1. Arsyad Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  2. Guntur. (2009).Atletik dan Peraturanya. Jakarta: CV. Ipa Abong.
  3. Handoyo. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Tolak Peluru Dengan
  4. Menggunakan Metode Praktis. Universitas Bengkulu.
  5. Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  6. Lumintuarso Ria. (2009). Peralatan OlahrgaAnak (POA). Jakarta.
  7. Mujiono, Dimyati. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  8. Rosdiani Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta
  9. Saputra Yudha M. (2001). .Pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar. Jakarta:
  10. Direktorat Jendral Olahraga. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dharma Wacana Metro.
  11. (2012). Atletik. Lampung: STKIP Dharma Wacana.