Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Artifical Intelligence Virtual Instructur System sebagai inovasi kolaborasi praktek dan teoritis dalam satu tempat dalam pembelajaran praktikum, dimana pembelajaran era abad 21 merupakan pembelajaran antar lintas pada mahasiswa penjas pada mata kuliah bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D), yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan ini akan diujicobakan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bulutangkis, Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP UNIB. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket dan teknik tes. Terdapat tiga angket yang akan disebarkan dalam penelitian ini, yaitu angket ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket tanggapan mahasiswa. Hasilnya, total skor yang diperoleh dari gabungan validasi ahli materi, media, dan pengguna adalah sebesar 139,5  atau memperoleh nilai rata-rata 4,1 yang artinya Media Pembelajaran BulutangkisBerbasis Artificial Intelligence Virtual Instructur System yang peneliti kembangkan masuk ke dalam kategori Layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Artificial Intelligence Virtual Instructor System: Badminton Learning Media Designed To Improve Learning Outcomes. (2024). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 8(3), 653–662. https://doi.org/10.33369/jk.v8i3.37224

References

    Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11), Article 11. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312
    Blair, H. C., & Sullivan, H. (2022). Effects of Long-term Professional Development Training in Technology Integration on Teacher and Student Performance. International Journal Of Instructional Technology, 1(1), Article 1. https://doi.org/doi.org/10.15408/ijit.vxix.xxxx
    Cabello-Manrique, D., Lorente, J. A., Padial-Ruz, R., & Puga-González, E. (2022). Play Badminton Forever: A Systematic Review of Health Benefits. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15), 9077. https://doi.org/10.3390/ijerph19159077
    Chmait, N., & Westerbeek, H. (2021). Artificial Intelligence and Machine Learning in Sport Research: An Introduction for Non-data Scientists. Frontiers in Sports and Active Living, 3, 682287. https://doi.org/10.3389/fspor.2021.682287
    Nind, M., & Lewthwaite, S. (2020). A conceptual-empirical typology of social science research methods pedagogy. Research Papers in Education, 35(4), 467–487. https://doi.org/10.1080/02671522.2019.1601756
    S. Supriyono. (2022). RESEARCH AND DEVELOPMENT: MODEL BORG & GALL (BAHAN AJAR REVISI). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10113.94566
    Solikhin, F., Handayani, D., & Rohiat, S. (2022). The Effect of Using Augmented Reality-Based Learning Media on Chemistry Students’ Conceptual Understanding on Molecular Shape. Acta Chimica Asiana, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/aca.v5i2.128
    Wismanadi, H., Kafrawi, F. R., Pramono, M., Firmansyah, A., & Rusdiawan, A. (2020). Rasio Interval Training Dalam Latihan Shadow Bulutangkis Terhadap Power dan Kecepatan. Journal Sport Area, 5(2), 186–198. https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(2).5019
    Xu, Y., Liu, X., Cao, X., Huang, C., Liu, E., Qian, S., Liu, X., Wu, Y., Dong, F., Qiu, C.-W., Qiu, J., Hua, K., Su, W., Wu, J., Xu, H., Han, Y., Fu, C., Yin, Z., Liu, M., … Zhang, J. (2021). Artificial intelligence: A powerful paradigm for scientific research. The Innovation, 2(4), 100179. https://doi.org/10.1016/j.xinn.2021.100179
    Yong, S.-T., & Gates, P. (2014). Born Digital: Are They Really Digital Natives? International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.7763/IJEEEE.2014.V4.311