Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara capaian pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dengan tingkat kebugaran jasmani. Penelitian ini menggabungkan korelasional strategis dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan metode pemilihan acak sederhana, sampel sebanyak 30 siswa dipilih dari populasi 90 siswa. Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran siswa usia 13 sampai 15 tahun, dan hasil rapor semester ganjil digunakan untuk mengumpulkan data tentang pencapaian pembelajaran PJOK. Karena data hasil pembelajaran PJOK tidak berdistribusi normal, maka digunakan uji normalitas dan uji korelasi nonparametrik Spearman's rho untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kelompok baik (83%) mendominasi prestasi akademik PJOK, sebagian besar tingkat kebugaran jasmani siswa berada pada kategori sedang (43%) dan buruk (47%). Tingkat kebugaran fisik dan hasil belajar PJOK memiliki hubungan positif yang kuat dan substansial, menurut temuan uji korelasi Spearman, yang menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,710 dengan tingkat signifikansi 0,000. Menurut hasil ini, siswa lebih mungkin memperoleh hasil belajar PJOK terbaik jika mereka lebih bugar.

Kata Kunci

Fitness Level learning outcomes Relationship Hubungan Tingkat Kebugaran Hasil Belajar PJOK

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muhammad Renaldi, Lazuardy Akbar Fauzan, & Edwin Wahyu Dirgantoro. (2025). HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PJOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUNGAI TABUK KAB. BANJAR. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 9(2), 392–408. https://doi.org/10.33369/jk.v9i2.42279

Referensi

  1. Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. EIGEN MATHEMATICS JOURNAL, 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131
  2. Ansari, A., Hamid, A., & Rahmadi. (2025). Efektivitas Pembelajaran PJOK Pada Jam Pelajaran 4 5 6 Di SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah (Vol. 6). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v6i1.10258
  3. Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 3(2), 40–53. https://doi.org/10.17977/um062v3i22021p40-53
  4. Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2021). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. 3(3), 211–218. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2478
  5. Dodiy Fahmeyzan, Soraya, S., Etmy, D., Fahmeyzan, D., Etmy, D., & BUMIGORA Mataram, S. (2018). UJI NORMALITAS DATA OMZET BULANAN PELAKU EKONOMI MIKRO DESA SENGGIGI DENGAN MENGGUNAKAN SKEWNESS DAN KURTOSIS. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
  6. Faqih, A. (2017). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR SE- GUGUS SELATAN KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN.
  7. Fauzi, M. S., Cahyono, D., Naheria, N., Cahyaningrum, G. K., & Amalia, H. D. (2023). Pelatihan Penerapan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara Pada Guru Pjok Di Samarinda. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 796–804. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1412
  8. Huda, M., & Fawaid, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Agustus, 1(4), 64–72. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.291
  9. Imawat, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439
  10. Irgi Iksan Mulyana, Shofiyah, H., Dani Komara, & Burhan Hambali. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 112–120. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3611
  11. Jeki, Arifin, R., & Fauzan, L. A. (2025). Tingkat Kondisi Fisik Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra Di SMP Negeri 2 Banjarbaru. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5158
  12. Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
  13. Kuncoro, A. D. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Dengan Hasil Servis Atas Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 118–125. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4661
  14. M. Army Akbar, Rahmadi, & H. M. Mulhim. (2020). INTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.485
  15. Mahardika, G. A., Pendidikan, P., Kesehatan, J. O., & Rekreasi, D. (2021). Hubungan Hasil Belajar Pjok dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 99–106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK
  16. Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). PELATIHAN PEMBINAAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA. 56 | Wahana Dedikasi Copyright@Imam Mahfud, 3. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i21.5374
  17. Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.
  18. Nelvidawati, N., & Kasman, M. (2023). Penggunaan Korelasi Spearman Untuk Menguji Hubungan Suhu Dan Besarnya Curah Hujan Bulanan di Kota Padang. Jurnal Daur Lingkungan, 6(1), 34. https://doi.org/10.33087/daurling.v6i1.181
  19. Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
  20. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). PROSES BELAJAR MENGAJAR PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
  21. Santoso. (2020). Hubungan Penguasaan Sintaksis dan Penalaraan dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi (Penelitian Korelasi di STKIP Kusuma Negara Jakarta). https://doi.org/10.36418/literasi-sintaksis.v5i3.984
  22. Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
  23. Wahab, A., & Junaedi. (2022). Sampling dalam Penelitian Kesehatan. https://doi.org/https://doi.org/10.56467/jptk.v5i1.33
  24. Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., & Sabilah, A. I. (2024). ANALISIS DATA SAMPLE MENGGUNAKAN UJI HIPOTESIS PENELITIAN PERBANDINGAN MENGGUNAKAN UJI ANOVA DAN UJI T.
  25. Wardani, D., & Nurudin, A. (2020). Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Physical Activity Journal, 2(1), 100. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3330
  26. Yuniarti, R. (2022). Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif. Jurnal UJMC, 8(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/ujmc.v8i1.2829