Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara capaian pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dengan tingkat kebugaran jasmani. Penelitian ini menggabungkan korelasional strategis dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan metode pemilihan acak sederhana, sampel sebanyak 30 siswa dipilih dari populasi 90 siswa. Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran siswa usia 13 sampai 15 tahun, dan hasil rapor semester ganjil digunakan untuk mengumpulkan data tentang pencapaian pembelajaran PJOK. Karena data hasil pembelajaran PJOK tidak berdistribusi normal, maka digunakan uji normalitas dan uji korelasi nonparametrik Spearman's rho untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kelompok baik (83%) mendominasi prestasi akademik PJOK, sebagian besar tingkat kebugaran jasmani siswa berada pada kategori sedang (43%) dan buruk (47%). Tingkat kebugaran fisik dan hasil belajar PJOK memiliki hubungan positif yang kuat dan substansial, menurut temuan uji korelasi Spearman, yang menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,710 dengan tingkat signifikansi 0,000. Menurut hasil ini, siswa lebih mungkin memperoleh hasil belajar PJOK terbaik jika mereka lebih bugar.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Renaldi, Lazuardy Akbar Fauzan, Edwin Wahyu Dirgantoro

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. EIGEN MATHEMATICS JOURNAL, 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131
- Ansari, A., Hamid, A., & Rahmadi. (2025). Efektivitas Pembelajaran PJOK Pada Jam Pelajaran 4 5 6 Di SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah (Vol. 6). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v6i1.10258
- Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 3(2), 40–53. https://doi.org/10.17977/um062v3i22021p40-53
- Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2021). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. 3(3), 211–218. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2478
- Dodiy Fahmeyzan, Soraya, S., Etmy, D., Fahmeyzan, D., Etmy, D., & BUMIGORA Mataram, S. (2018). UJI NORMALITAS DATA OMZET BULANAN PELAKU EKONOMI MIKRO DESA SENGGIGI DENGAN MENGGUNAKAN SKEWNESS DAN KURTOSIS. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
- Faqih, A. (2017). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR SE- GUGUS SELATAN KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN.
- Fauzi, M. S., Cahyono, D., Naheria, N., Cahyaningrum, G. K., & Amalia, H. D. (2023). Pelatihan Penerapan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara Pada Guru Pjok Di Samarinda. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 796–804. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1412
- Huda, M., & Fawaid, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Agustus, 1(4), 64–72. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.291
- Imawat, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439
- Irgi Iksan Mulyana, Shofiyah, H., Dani Komara, & Burhan Hambali. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 112–120. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3611
- Jeki, Arifin, R., & Fauzan, L. A. (2025). Tingkat Kondisi Fisik Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra Di SMP Negeri 2 Banjarbaru. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5158
- Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
- Kuncoro, A. D. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Dengan Hasil Servis Atas Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 118–125. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4661
- M. Army Akbar, Rahmadi, & H. M. Mulhim. (2020). INTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.485
- Mahardika, G. A., Pendidikan, P., Kesehatan, J. O., & Rekreasi, D. (2021). Hubungan Hasil Belajar Pjok dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 99–106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK
- Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). PELATIHAN PEMBINAAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA. 56 | Wahana Dedikasi Copyright@Imam Mahfud, 3. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i21.5374
- Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.
- Nelvidawati, N., & Kasman, M. (2023). Penggunaan Korelasi Spearman Untuk Menguji Hubungan Suhu Dan Besarnya Curah Hujan Bulanan di Kota Padang. Jurnal Daur Lingkungan, 6(1), 34. https://doi.org/10.33087/daurling.v6i1.181
- Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
- Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). PROSES BELAJAR MENGAJAR PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
- Santoso. (2020). Hubungan Penguasaan Sintaksis dan Penalaraan dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi (Penelitian Korelasi di STKIP Kusuma Negara Jakarta). https://doi.org/10.36418/literasi-sintaksis.v5i3.984
- Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
- Wahab, A., & Junaedi. (2022). Sampling dalam Penelitian Kesehatan. https://doi.org/https://doi.org/10.56467/jptk.v5i1.33
- Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., & Sabilah, A. I. (2024). ANALISIS DATA SAMPLE MENGGUNAKAN UJI HIPOTESIS PENELITIAN PERBANDINGAN MENGGUNAKAN UJI ANOVA DAN UJI T.
- Wardani, D., & Nurudin, A. (2020). Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Physical Activity Journal, 2(1), 100. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3330
- Yuniarti, R. (2022). Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif. Jurnal UJMC, 8(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/ujmc.v8i1.2829
Referensi
Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. EIGEN MATHEMATICS JOURNAL, 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131
Ansari, A., Hamid, A., & Rahmadi. (2025). Efektivitas Pembelajaran PJOK Pada Jam Pelajaran 4 5 6 Di SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah (Vol. 6). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v6i1.10258
Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 3(2), 40–53. https://doi.org/10.17977/um062v3i22021p40-53
Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2021). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. 3(3), 211–218. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2478
Dodiy Fahmeyzan, Soraya, S., Etmy, D., Fahmeyzan, D., Etmy, D., & BUMIGORA Mataram, S. (2018). UJI NORMALITAS DATA OMZET BULANAN PELAKU EKONOMI MIKRO DESA SENGGIGI DENGAN MENGGUNAKAN SKEWNESS DAN KURTOSIS. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
Faqih, A. (2017). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR SE- GUGUS SELATAN KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN.
Fauzi, M. S., Cahyono, D., Naheria, N., Cahyaningrum, G. K., & Amalia, H. D. (2023). Pelatihan Penerapan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara Pada Guru Pjok Di Samarinda. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 796–804. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1412
Huda, M., & Fawaid, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Agustus, 1(4), 64–72. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.291
Imawat, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439
Irgi Iksan Mulyana, Shofiyah, H., Dani Komara, & Burhan Hambali. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 112–120. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3611
Jeki, Arifin, R., & Fauzan, L. A. (2025). Tingkat Kondisi Fisik Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra Di SMP Negeri 2 Banjarbaru. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5158
Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267
Kuncoro, A. D. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Dengan Hasil Servis Atas Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 118–125. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4661
M. Army Akbar, Rahmadi, & H. M. Mulhim. (2020). INTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.485
Mahardika, G. A., Pendidikan, P., Kesehatan, J. O., & Rekreasi, D. (2021). Hubungan Hasil Belajar Pjok dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 99–106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK
Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). PELATIHAN PEMBINAAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA. 56 | Wahana Dedikasi Copyright@Imam Mahfud, 3. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i21.5374
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.
Nelvidawati, N., & Kasman, M. (2023). Penggunaan Korelasi Spearman Untuk Menguji Hubungan Suhu Dan Besarnya Curah Hujan Bulanan di Kota Padang. Jurnal Daur Lingkungan, 6(1), 34. https://doi.org/10.33087/daurling.v6i1.181
Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). PROSES BELAJAR MENGAJAR PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
Santoso. (2020). Hubungan Penguasaan Sintaksis dan Penalaraan dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi (Penelitian Korelasi di STKIP Kusuma Negara Jakarta). https://doi.org/10.36418/literasi-sintaksis.v5i3.984
Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Wahab, A., & Junaedi. (2022). Sampling dalam Penelitian Kesehatan. https://doi.org/https://doi.org/10.56467/jptk.v5i1.33
Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., & Sabilah, A. I. (2024). ANALISIS DATA SAMPLE MENGGUNAKAN UJI HIPOTESIS PENELITIAN PERBANDINGAN MENGGUNAKAN UJI ANOVA DAN UJI T.
Wardani, D., & Nurudin, A. (2020). Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Physical Activity Journal, 2(1), 100. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3330
Yuniarti, R. (2022). Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif. Jurnal UJMC, 8(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/ujmc.v8i1.2829