Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan smartphone dan tingkat aktivitas fisik dengan kebugaran fisik mahasiswa FIK Uncen. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain analisis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 91 mahasiswa (laki-laki = 73 & perempuan = 18) dipilih menggunakan metode Stratified Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Smartphone Addiction Scale (SAS) yang telah valid dan reliabel dengan nilai Cronbach's Alpha = 0.848), International Physical Activity Questionnaire (IPAQ), dan tes kebugaran jasmani mahasiswa menggunakan Tes Rockport (tes lari/jalan 1600 m). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kecanduan Smartphone berada pada tingkat sedang sebanyak 57,1%, tingkat aktivitas fisik responden dominan pada kategori tinggi (61,5%), dan tingkat kebugaran fisik dominan kategori baik (47,9%). Kesimpulan yaitu terdapat korelasi yang signifikan antar variabel dengan nilai P-value < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan aktivitas fisik, sehingga dapat mengurangi penggunaan smartphone untuk mendapatkan kebugaran fisik.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Ipa Sari Kardi, Ansar CS, Jofri Julio Juventus Samberi, Nosina Pagawak, Nusmin Kogoya, Fransisco Dedhicko Renwarin Rumbekwan, Tarbak Bidana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aldiansyah, N. F., & Kristiyandaru, A. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Minat Berolahraga Pada Siswa Kelas Vi Sdn Gading 4 Surabaya. 11, 305–310. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
- Alkhateeb, A., Alboali, R., Alharbi, W., & Olfat, S. (2020). Smartphone addiction and its complications related to health and daily activities among university students in Saudi Arabia: A multicenter study. Journal of Family Medicine and Primary Care, 9(2), 169–170. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_1224_19
- Alsalameh, A. M. M. J. H., Alduayji, M. A., Almutham, A. A., & Mahmood, F. M. (2019). Evaluating the relationship between smartphone addiction/overuse and musculoskeletal pain among medical students at Qassim University. Journal of Family Medicine and Primary Care, 8(1). https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_665_19
- Alua, Y. (2023). Analisis Kecanduan Smartphone pada Mahasiswi Papua (Studi Kasus Asrama Putri Usu). Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/90594/Cover.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
- Badan Pusat Statistik. (2023). Proporsi Individu yang Menguasai/Memiliki Telepon Genggam Menurut Provinsi (Persen) 2021-2022. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html.
- Budiman, I., Aprijana, I., & Iskandar, D. (2017). Penggunaan Tes Lapangan 1,6 Km Metoda Rockport Untuk Pengukuran Kebugaran Jantung-Paru Dengan Baku Emas Treadmill Metoda Bruce. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(2), 38. https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.2.2
- Cahyono, E. A., Wahjuni, E. S., Wibowo, S., & Cahyono, A. (2022). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Screen Time, Aktivitas Fisik Dan Status Gizi. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 5(2), 59–65.
- Dwi Suryana, I., Mahmudah, U., Pusparini, P., & Agung Suprihartono, F. (2023). Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Dengan Media Sosial Instagram Terhadap Pengetahuan, Asupan Energi Dan Protein Pada Remaja Putri Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gizi Dan Dietetik, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.34011/jgd.v2i2.1802
- Efendi, V. P. W. A. (2021). Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9, 17–26.
- Hariyanto, D., Kumaat, N. A., & Kristiandaru, A. (2022). Pengaruh Aktivitas Fisik Dan Motivasi Belajar Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDN Kartoharjo 2 Kab. Magetan. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 10(3), 226. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2593
- Ita, S., Kardi, I. S., Hasan, B., & Nurhidayah, D. (2022). The Effect Of Physical Activity Level On Body Mass Index During The New Normal Period. JUARA: Jurnal Olahraga, 7(3), 918–928. https://doi.org/10.33222/juara.v7i3.1981
- Karismakristi, P. (2018). Cara Mengalihkan Perhatian Anak dari Gadget. Medcom.id. https://www.medcom.id/rona/keluarga/yKXVng0b-cara-mengalihkan-perhatian-anak-dari-gadget
- Kumala, A. M., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal of Nutrition College, 8(2), 73. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i2.23816
- Kumar, A. K., & Sherkhane, M. S. (2018). Assessment of gadgets addiction and its impact on health among undergraduates. International Journal Of Community Medicine And Public Health, 5(8), 3624. https://doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20183109
- Kumban, W., Cetthakrikul, S., & Santiworakul, A. (2025). Smartphone Addiction, Screen Time, and Physical Activity of Different Academic Majors and Study Levels in University Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 22(2), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph22020237
- Maarif, I. L. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas VI Mi Salafiyah Asyafi’iyah Belik. Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
- Nafisa, A. Z. (2017). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget. BangsaOnline.com. https://bangsaonline.com/berita/34453/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-gadget
- Nuryana, R. E., Hakim, A. F., & Arismunandar, P. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Kecanduan Smartphone Dengan Kejadian Hipertensi Pada Mahasiswa Tingkat I Di Stikes Budi Luhur Cimahi. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 278–285. htp://sosains.greenvest.co.id.
- Precht, L. M., Mertens, F., Brickau, D. S., Kramm, R. J., Margraf, J., Stirnberg, J., & Brailovskaia, J. (2024). Engaging in physical activity instead of (over)using the smartphone: An experimental investigation of lifestyle interventions to prevent problematic smartphone use and to promote mental health. Journal of Public Health (Germany), 32(4), 589–607. https://doi.org/10.1007/s10389-023-01832-5
- Rama Sandi Firdaus, Andun Sudijandoko, Hijrin Fithroni, & Ananda Perwira Bakti. (2025). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas 8 SMPN 1 Sukodono. Journal of Creative Student Research, 3(1), 130–140. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4733
- Rustiadi, T., & Rahayu, T. (2021). Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Brebes di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional LPTK CUP XX Tahun 2021, 4–13.
- Supriyanto, N. A., Rasyid, A., Fepriyanto, A., & Helaprahara, D. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani dan Prestasi Akademik Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 6(2), 134–144. https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.2.3
- Susanti, D. D., & Yusri, F. (2023). Dampak Handphone Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Harau. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.937
- WHO. (2024). Physical Activity Guidelines for Adults. WHO Regional Office for the Western Pacific. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
- Ye, Z., Zhang, T., Peng, Y., Rao, W., & Jia, P. (2025). Effects of physical activity on smartphone addiction in Chinese college students-chain mediation of self-control and stress perception. BMC Public Health, 25(1). https://doi.org/10.1186/s12889-025-22720-5
- Zahrani, P. A., Trisnawaty, Syuaib, M. M., Sa’diyah, H., & Takdir. (2024). Hubungan Screen Time dan Kualitas Tidur dengan Kebugaran Kardiorespirasi pada Mahasiswa Pendidikan Dokter UIN Alauddin Makassar. Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 8(2), 74–84. https://doi.org/10.24252/alami.v8i2.45599
- Zhang, R., Jiang, Q., Cheng, M., & Rhim, Y. T. (2024). The effect of smartphone addiction on adolescent health: the moderating effect of leisure physical activities. Psicologia: Reflexao e Critica, 37(1). https://doi.org/10.1186/s41155-024-00308-z
Referensi
Aldiansyah, N. F., & Kristiyandaru, A. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Minat Berolahraga Pada Siswa Kelas Vi Sdn Gading 4 Surabaya. 11, 305–310. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Alkhateeb, A., Alboali, R., Alharbi, W., & Olfat, S. (2020). Smartphone addiction and its complications related to health and daily activities among university students in Saudi Arabia: A multicenter study. Journal of Family Medicine and Primary Care, 9(2), 169–170. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_1224_19
Alsalameh, A. M. M. J. H., Alduayji, M. A., Almutham, A. A., & Mahmood, F. M. (2019). Evaluating the relationship between smartphone addiction/overuse and musculoskeletal pain among medical students at Qassim University. Journal of Family Medicine and Primary Care, 8(1). https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_665_19
Alua, Y. (2023). Analisis Kecanduan Smartphone pada Mahasiswi Papua (Studi Kasus Asrama Putri Usu). Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/90594/Cover.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Badan Pusat Statistik. (2023). Proporsi Individu yang Menguasai/Memiliki Telepon Genggam Menurut Provinsi (Persen) 2021-2022. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html.
Budiman, I., Aprijana, I., & Iskandar, D. (2017). Penggunaan Tes Lapangan 1,6 Km Metoda Rockport Untuk Pengukuran Kebugaran Jantung-Paru Dengan Baku Emas Treadmill Metoda Bruce. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(2), 38. https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.2.2
Cahyono, E. A., Wahjuni, E. S., Wibowo, S., & Cahyono, A. (2022). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Screen Time, Aktivitas Fisik Dan Status Gizi. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 5(2), 59–65.
Dwi Suryana, I., Mahmudah, U., Pusparini, P., & Agung Suprihartono, F. (2023). Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Dengan Media Sosial Instagram Terhadap Pengetahuan, Asupan Energi Dan Protein Pada Remaja Putri Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gizi Dan Dietetik, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.34011/jgd.v2i2.1802
Efendi, V. P. W. A. (2021). Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9, 17–26.
Hariyanto, D., Kumaat, N. A., & Kristiandaru, A. (2022). Pengaruh Aktivitas Fisik Dan Motivasi Belajar Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDN Kartoharjo 2 Kab. Magetan. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 10(3), 226. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2593
Ita, S., Kardi, I. S., Hasan, B., & Nurhidayah, D. (2022). The Effect Of Physical Activity Level On Body Mass Index During The New Normal Period. JUARA: Jurnal Olahraga, 7(3), 918–928. https://doi.org/10.33222/juara.v7i3.1981
Karismakristi, P. (2018). Cara Mengalihkan Perhatian Anak dari Gadget. Medcom.id. https://www.medcom.id/rona/keluarga/yKXVng0b-cara-mengalihkan-perhatian-anak-dari-gadget
Kumala, A. M., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal of Nutrition College, 8(2), 73. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i2.23816
Kumar, A. K., & Sherkhane, M. S. (2018). Assessment of gadgets addiction and its impact on health among undergraduates. International Journal Of Community Medicine And Public Health, 5(8), 3624. https://doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20183109
Kumban, W., Cetthakrikul, S., & Santiworakul, A. (2025). Smartphone Addiction, Screen Time, and Physical Activity of Different Academic Majors and Study Levels in University Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 22(2), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph22020237
Maarif, I. L. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas VI Mi Salafiyah Asyafi’iyah Belik. Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
Nafisa, A. Z. (2017). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget. BangsaOnline.com. https://bangsaonline.com/berita/34453/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-gadget
Nuryana, R. E., Hakim, A. F., & Arismunandar, P. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Kecanduan Smartphone Dengan Kejadian Hipertensi Pada Mahasiswa Tingkat I Di Stikes Budi Luhur Cimahi. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 278–285. htp://sosains.greenvest.co.id.
Precht, L. M., Mertens, F., Brickau, D. S., Kramm, R. J., Margraf, J., Stirnberg, J., & Brailovskaia, J. (2024). Engaging in physical activity instead of (over)using the smartphone: An experimental investigation of lifestyle interventions to prevent problematic smartphone use and to promote mental health. Journal of Public Health (Germany), 32(4), 589–607. https://doi.org/10.1007/s10389-023-01832-5
Rama Sandi Firdaus, Andun Sudijandoko, Hijrin Fithroni, & Ananda Perwira Bakti. (2025). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas 8 SMPN 1 Sukodono. Journal of Creative Student Research, 3(1), 130–140. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4733
Rustiadi, T., & Rahayu, T. (2021). Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Brebes di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional LPTK CUP XX Tahun 2021, 4–13.
Supriyanto, N. A., Rasyid, A., Fepriyanto, A., & Helaprahara, D. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani dan Prestasi Akademik Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 6(2), 134–144. https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.2.3
Susanti, D. D., & Yusri, F. (2023). Dampak Handphone Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Harau. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.937
WHO. (2024). Physical Activity Guidelines for Adults. WHO Regional Office for the Western Pacific. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Ye, Z., Zhang, T., Peng, Y., Rao, W., & Jia, P. (2025). Effects of physical activity on smartphone addiction in Chinese college students-chain mediation of self-control and stress perception. BMC Public Health, 25(1). https://doi.org/10.1186/s12889-025-22720-5
Zahrani, P. A., Trisnawaty, Syuaib, M. M., Sa’diyah, H., & Takdir. (2024). Hubungan Screen Time dan Kualitas Tidur dengan Kebugaran Kardiorespirasi pada Mahasiswa Pendidikan Dokter UIN Alauddin Makassar. Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 8(2), 74–84. https://doi.org/10.24252/alami.v8i2.45599
Zhang, R., Jiang, Q., Cheng, M., & Rhim, Y. T. (2024). The effect of smartphone addiction on adolescent health: the moderating effect of leisure physical activities. Psicologia: Reflexao e Critica, 37(1). https://doi.org/10.1186/s41155-024-00308-z